PENGGUNAAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN MENDALANWANGI 01 WAGIR-MALANG
Main Author: | JIWANDANA, DRAJAT SUNU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26963/1/jiptummpp-gdl-drajatsunu-31925-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26963/2/jiptummpp-gdl-drajatsunu-31925-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26963/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN Mendalanwangi 01 Wagir-Malang. Hal ini disebabkan karena penyampaian materi yang kurang menarik dan media pendukung kurang dimaksimalkan, sehingga ketertarikan dan pemahaman siswa akan IPA kurang. Siswa selalu mencari kesibukan sendiri saat pembelajaran berlangsung karena kurang terlibat dalam pembelajaran, sehingga suasana kelas menjadi tidak kondusif untuk pembelajaran. Penggunaan guided discovery learning dapat menjadikan suasana pembelajaran menyenangkan, siswa lebih aktif dalam kelas dan melatih siswa lebih berpikir logis, sehingga siswa akan lebih tertarik dalam belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan guided discovery learning. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian tindakan ini dari siklus satu ke siklus berikutnya, tahapan setiap siklus dimulai dari observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi pada analisis data. Penelitian ini dilaksanakan bulan Desember 2012 dengan melaksanakan tindakan sebanyak 2 kali siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan hasil tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan guided discovery learning ini hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 62.5% (20 siswa dari 32 jumlah siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditentukan yaitu 70) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81.25% (26 siswa dari 32 jumlah siswa telah mencapai KKM). Kesimpulannya dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 18.75%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penerapan guided discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Mendalanwangi 01 Wagir-Malang.