PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENERAPKAN MODEL TEBAK KATA PADA SISWA KELAS V SDN MOJOLANGU 3 KOTA MALANG

Main Author: Triyanto, Surono Edhi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26955/1/jiptummpp-gdl-suronoedhi-31943-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26955/2/jiptummpp-gdl-suronoedhi-31943-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26955/
Daftar Isi:
  • Pembimbing: ( I ) Drs. Rohmad Widodo, M.Si. (II) Erna Yayuk, M.Pd. Pemilihan judul ini berdasarkan atas pengalaman dilapangan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Mojolangu 3 Kota Malang masih dibawah KKM yaitu ≥70. Kenyataan ini menunjukkan masih rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPS disebabkan dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan sistem punugasan untuk menunjang hasil belajar siswa, dan guru masih belajar menggunakan metode kooperatif. Dalam proses pembelajaran siswa masih ramai dan kurang aktif dalam pembelajaran di kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan inovasi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal. Salah satu model yang cocok adalah model tebak kata. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model tebak kata dalam pembelajaran IPS kelas V SDN Mojolangu 3 Kota Malang dan Bagaimana peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPS kelas V SDN Mojolangu 3 Kota Malang? Penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara guru dan siswa melakukan model tebak kata pelajaran IPS. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Mojolangu 3 Kota Malang dengan jumlah siswa 38 anak ayng terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 22 siswa putri. Simpulan yang dapat diambil adalah dengan penerapan model tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kenampakan alam pada siswa kelas V SDN Mojolangu 3 Kota Malang. Menunjukkan peresentase hasil belajar rata-rata nilai akhir siswa pada siklus 1 sebesar 53.5, dan pada siklus II meningkat menjadi 88.2. diperoleh persentase ketuntasan kelas siswa pada siklus 1 sebesar 21% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Penelitian ini dirasakan sudah cukup karena presentase ketuntasan kelas siswa telah mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70% dengan KKM individu ≥ 70. Dengan demikian model tebak kata menunjukkan lebih efektif dalam pembelajaran IPS, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Berdasarkan data yang diperoleh penelitian telah berhasil dengan hasil belajar rata-rata nilai akhir siswa 88.2 dan presentase ketuntasan kelas siswa 88% sesuai dengan KKM yang ditentukan oleh sekolah.