PENGARUH TERPAAN IKLAN TELEVISI LISTERINE MOUTHWASH VERSI SIMPOSIUM PDGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (Studi Pada Warga Rt 03 Rw 04 Kelurahan Polowijen Kecamatan Blimbing Malang)

Main Author: Arifin, Olan Yofian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26952/1/jiptummpp-gdl-olanyofian-33454-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26952/2/jiptummpp-gdl-olanyofian-33454-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26952/
Daftar Isi:
  • Iklan adalah sebuah alat penting untuk menjual suatu produk yang ditawarkan. Karena dengan mengiklankan suatu produk, konsumen akan sadar dan mengerti barang yang ditawarkan. Para pengiklan biasanya melakukan segala cara untuk memasarkan produk yang mereka tawarkan melalui iklan tersebut tanpa mempedulikan dampak selain prilaku konsumen. Pedoman dalam beriklan di Indonesia telah tersusun di Etika Pariwara Indonesia yang bertujuan untuk membuat iklan dan periklanan di Indonesia menjadi lebih baik dengan jujur, benar, bertanggung jawab, bersaing secara sehat, melindungi dan menghargai khalayak, tidak merendahkan agama, budaya, negara, dan golongan, serta tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku. Meskipun telah adanya pedoman dalam beriklan, akan tetapi para pengiklan masih ada yang melanggar hal ini dengan tujuan tertentu. Dari permasalahan tersebut, maka penulis ingin mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Terpaan Iklan Televisi Listerine Mouthwash Versi Symposium PDGI Terhadap Keputusan Pembelian Produk” Dalam Penelitian ini pendekatan yang dipakai yaitu pendekatan kuantitatif yaitu menganalisa data yang berbentuk angka – angka untuk mengukur pengaruh antara iklan yang melanggar Etika Pariwara Indonesia terhadap keputusan pembelian produk. Sedangkan dasar dari penelitian ini adalah metode Survey yaitu merupakan penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil tetapi data yang dipelajari adalah data sampel yang diambil dari data populasi tersebut. Responden yang diambil pada penelitian ini yaitu warga Rt 03 Rw 04 kelurahan Polowijen kecamatan Blimbing Malang dengan sampel sebanyak 55 orang. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner sedangkan untuk mengukur sifat skala yang digunakan adalah skala interval yang bertujuan untuk membedakan antara kategori – kategori dalam suatu variabel. Pengukuran skala interval ini dapat dilakukan dengan skala likert yang terdiri dari lima titik atau lima poin. Dari hasil penelitian yang didapat yaitu dari variabel total yang berpengaruh terhadap keputusan pembelin produk dapat dilihat dengan perbandingan Fhitung dengan Ftabel yaitu dengan nilai Fhitung (6.817) dan Ftabel (2.33). Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa nilai Fhitung (6.817) > FTabel (2,33). Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama dari semua variabel independen yakni iklan yang melanggar Etika Pariwara Indonesia dalam Iklan Televisi Listerine Mouthwash versi Symposium PDGI berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian produk. Hasil Hipotesis ditemukan bahwa Terpaan Iklan dengan dimensi Frekuensi, Itensitas, Perhatian, Rasa suka/tertarik dan keingininan membeli secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap warga Polowijen Rt 03 Rw 04, dengan koefisien determinasi 48.5% yang berarti bahwa 51.5% variasi pada keputusan pembelian produk mampu diterangkan oleh kelima dimensi Frekuensi, Itensitas, Perhatian, Rasa suka/tertarik dan keingininan membeli. Hal ini menunjukkan bahwa minat beli banyak dipengaruhi oleh bukti – bukti Terpaan Iklan yang diberikan.