PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KENAMPAKAN ALAM SISWA KELAS IV SDN TIRTOMOYO 02 PAKIS MALANG

Main Author: Kristianti, Riya Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26946/1/jiptummpp-gdl-nihlatulfa-31948-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26946/2/jiptummpp-gdl-nihlatulfa-31948-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26946/
Daftar Isi:
  • Pembimbing: (I) Dr. Ribut Wahyu Eriyanti, M.Si (II) Dr. Endang Poerwamti, M.Pd Hasil observasi di SDN Tirtomoyo 02, diketahui bahwa kompetensi siswa masih rendah. Dari 35 orang siswa hanya 14 orang siswa yang memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKM), sedangkan 21 orang siswa lainnya belum memenuhi KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70. Rendahnya hasil belajar siswa karena dalam pelajaran IPS metode yang digunakan adalah ceramah dan penugasan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan metode TPS dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan kenampakan siswa kelas IV SDN Tirtomoyo 02 Pakis Malang; 2) untuk meningkatan hasil belajar pada pelajaran IPS tentang kenampakan alam melalui metode TPS melaui siswa kelas IV SDN Tirtomoyo 02 Pakis Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Tahapan pelaksanaan PTK meliputi perencanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan Metode TPS dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tirtomoyo 02 telah dilaksanakan dengan baik dan efektif. Hal ini dapat di ketahui dari hasil pra siklus ketuntasan klasikal yaitu 40%, setelah tes yang telah dilakukan siswa pada pembelajaran siklus I, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal yaitu 68% dan terus mengalami peningkatan pada pembelajaran siklus II yaitu sebesar 86%. Hasil belajar siswa dikatakan naik 20% persiklus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN Tirtomoyo 02 setelah penggunaan metode TPS mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal yang ditentukan oleh sekolah sebesar 80% sudah tercapai. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya ataupun bagi guru penerapan metode TPS bisa menjadi alternatif dalam mengatasi masalah hasil belajar siswa pada pelajaran IPS khususnya pada materi kenampakan alam.