PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS IV SDN PULUNGDOWO 01 TUMPANG

Main Author: MUJIB, ABDUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26940/1/jiptummpp-gdl-abdulmujib-31951-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26940/2/jiptummpp-gdl-abdulmujib-31951-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26940/
Daftar Isi:
  • Pembimbing: (I) Drs. Baiduri, M.Si., (II) Dr. Endang Poerwanti, M.Pd. Masalah yang dihadapi oleh guru kelas IV di SDN Pulungdowo 01 Tumpang adalah rendahnya hasil belajar IPS materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi dengan persentase ketuntasan sebesar 31% pada 2010/2011, pada tahun 2011/2012 persentase jumlah siswa yang tuntas sebesar 40%. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan adalah 65. Salah satu penyebab adalah kurang diperhatikannya penggunaan model atau metode pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan penelitian menggunakan metode pembelajaran Group Investigation. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam kemampuan memahami materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi melalui metode Group Investigation. Data hasil belajar siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, dan test tulis. Penelitian ini menggunakan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pulungdowo 01 Tumpang dengan jumlah siswa 17 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I 56,3% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 43,7% siswa belum mencapai ketuntasan. Sedangkan pada siklus II 87,5% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 12,5% siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini membuktikan bahwa pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi. Kesimpulan yang diperoleh dari data tersebut adalah penerapan metode Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SDN Pulungdowo 01 Tumpang.