PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN MELALUI STRATEGI GUIDED NOTE TAKING (GNT) SISWA KELAS IV SDN TIRTOMOYO 02 PAKIS MALANG
Main Author: | ROHMAH, SITI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26937/1/jiptummpp-gdl-sitirohmah-31952-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26937/2/jiptummpp-gdl-sitirohmah-31952-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26937/ |
Daftar Isi:
- Pembimbing: (I) Dr. Sri Hartiningsih, M.M. (II) Rina Wahyu S., M.Ed. Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, terdapat kesulitan belajar yang dialami siswa SDN Tirtomoyo 02 Pakis Malang pada materi sistem pemerintahan desa dan kecamatan. Hal tersebut disebabkan karena materi tersebut dianggap sulit oleh siswa karena bersifat hafalan, kegiatan pembelajarnnya kurang variatif sehingga siswa sangat pasif dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan, pemberian latihan hanya menggunakan latihan soal pada LKS sehingga hal tersebut mengakibatkan siswa malas dan hasil belajarnya rendah. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan strategi GNT dalam pembelajaran PKn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Strategi GNT serta mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar PKn materi sistem pemerintahan desa dan kecamatan melalui strategi GNT pada siswa kelas IV SDN Tirtomoyo 02 Pakis Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan di SDN Tirtomoyo 02 Pakis Malang dengan jumlah 35 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 25 perempuan tahun ajaran 2012/2013 pada bulan Oktober - November 2012. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapang dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif diskriptif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan penerapan strategi GNT diperoleh peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa 73,81 dengan prosentase ketuntasan klasikal 68% (21 siswa) sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 80,94 dengan ketuntasan klasikal 82% (28 siswa). Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penerapan strategi GNT dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Tirtomoyo 02 Pakis Malang. Dari hasil penelitian ini, disarankan bagi guru agar menerapkan strategi pembelajaran GNT untuk meningkat hasil belajar.