PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERIORGAN PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN RESAPOMBO 01 DOKO-BLITAR
Main Author: | CAHYANI, RIKA DWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26928/1/jiptummpp-gdl-rikadwicah-31955-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26928/2/jiptummpp-gdl-rikadwicah-31955-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26928/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Resapombo 01 Doko-Blitar pada materi organ pencernaan pada manusia. Hal ini disebabkan oleh metode yang dilakukan oleh guru bersifat monoton dan kurang inovatif, guru belum memanfaatkan media dan sumber belajar secara maksimal, pembelajaran berpusat pada guru. Sehingga dari permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah atau banyak siswa yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini menerapkan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Resapombo 01 Doko-Blitar melalui penerapan model picture and picture. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pada penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tahapan siklus dimulai dari identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian siklus I dilaksanakan tanggal 26 dan 27 November 2012 dan siklus II pada tanggal 3 dan 4 Desember 2012.Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Resapombo 01 Doko-Blitar dengan jumlah 27 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model picture and picture hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 63% yaitu 17 siswa dari 27 jumlah siswa telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang ditentukan yaitu 70 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,2% yaitu 23 siswa dari 27 jumlah siswa telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Kesimpulannya dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 22,2%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V materi organ pencernaan manusia.