KOMPARASI PRODUCT PLACEMENT DI DALAM VIDEO KLIP Studi Sinematik pada Video Klip B1A4 dan Video Klip Blueberry R. Siam

Main Author: GARDILLA, IRADA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26915/1/jiptummpp-gdl-iradagardi-31889-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26915/2/jiptummpp-gdl-iradagardi-31889-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26915/
Daftar Isi:
  • Setelah adanya ajang MTV di salah satu channel yang berfokus pada acara musik, video klip menjadi salah satu trend dalam bermusik. Akhirnya, di kemas pula lah sebuah sebuah cara beriklan lain. Teknik beriklan ini di sebut dengan product placement. Hal ini menarik bagi peneliti untuk mengetahui bagaimana fokus product placement yang biasa nya sudah biasa di gunakan pada film sebelum pada video klip. Peniliti ingin melihat bagaimana gaya dan unsur sinematik berhasil memuat pesan persuasif di dalam video klip. Hal yang menjadi fokus utama di dalam penelitian ini adalah menjelaskan perbedaan penggunaan atau peletakkan product placement di dalam Video Klip B1A4 dan Video Klip Blueberry R Siams. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam tema ini adalah metode penelitian kualitatif. Data yang dibandingkan adalah unsur sinematik dari kemunculan product placement dalam Video Klip B1A4 dengan produk Motorola Startac dan Video Klip Blueberry R Siams dengan produk Blackberrry nya. Penelitian ini akan memberikan perbandingan penggunaan atau peletakkan product placement pada video klip yang dijadikan objek yang dilihat dari unsur sinematik masing-masing video klip tersebut. Product placement pada video klip B1A4 dan Blueberry R.Siam memiliki pola yang hampir sama dalam menggunakan sinematografi secara keseluruhan, tetapi pada video klip Blueberry R. Siam, mise-en-scene tidak terlalu tampak. Kekuatan produk tetap kuat, meskipun pada video klip menggunakan teknik dimensi visual yang berbeda pada kemunculan produk. Kesan yang ditunjukkan tetap jelas pada fungsi dan ke khasan produk yang di tunjukan melalui tema, kekuatan warna, konsep penekanan pada produk serta editing. Kemunculan produk pada video klip B1A4 tidak terlalu berfokus pada promosi sebuah produk, tapi pada motifasi produk yang telah di tentukan dan kekuatan produk tetap sesuai dengan pencitraan pada brand Motorola Startac. Visual nya sangat halus sehingga dapat di katakan cara beriklan dengan strategi soft selling. Sementara pada video klip Blueberry R. Siam lebih hard selling, seperti pada yang iklan yang telah ada, produk terlihat di prioritaskan sehingga penonton lebih di persuasif untuk melihat produk.