PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA INDONESIA DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS 2 SDN GADINGKULON 03 KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG
Main Author: | SUGIANTO, WAHYUDI SUKUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26900/1/jiptummpp-gdl-wahyudisuk-31970-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26900/2/jiptummpp-gdl-wahyudisuk-31970-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26900/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasarkan atas hasil observasi yang menunjukkan bahwa siswa kelas 2 SDN Gadingkulon 03 Kecamatan Dau Kabupaten Malang mendapatkan nilai menulis kalimat rendah. Hal tersebut disebabkan proses pembelajaran belum memanfaatkan media dengan semaksimal mungkin. Pemanfaatan media yang kurang optimal memberikan dampak kegiatan pembelajaran kurang menyenangkan, siswa tidak aktif mengikuti pelajaran dan proses penyampaian materi tidak dapat diserap oleh siswa siswa secara maksimal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDN Gadingkulon 03 kecamatan Dau kabupaten Malang. Jumlah siswa yang diteliti sebanyak 8 anak. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Tujuan PTK ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis kalimat sederhana dengan menerapkan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes pilihan ganda dan esai, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar menulis kalimat sederhana siswa kelas 2 SDN Gadingkulon 03 kecamatan Dau kabupaten Malang. Berdasarkan hasil tes, diketahui rata-rata nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I, rata-rata nilai sebesar 80.75, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86.25. Selain itu diketahui pula bahwa ketuntasan hasil belajar pada siklus I dan II mengalami peningkatan, pada siklus I sebanyak 62.5% siswa telah mencapai KKM individu yaitu >75 dan meningkat menjadi 88% pada siklus II. Dengan peningkatan pada siklus II berarti KKM klasikal pada materi menulis kalimat sederhana telah tercapai.