PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOAL CERITA MATERI SATUAN KUANTITAS DENGAN MENGGUNAKAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA DI KELAS IV SDN DAWUHAN WETAN 03 KABUPATEN LUMAJANG
Main Author: | PRANANTA, HARNANDA DWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26892/1/jiptummpp-gdl-harnandadw-31981-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26892/2/jiptummpp-gdl-harnandadw-31981-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26892/ |
Daftar Isi:
- Pembimbing (I) Dyah Worowirastri E, M.Pd. (II) Dr. Ichsan Anshory AM, M.Pd. Penelitian ini didasarkan atas hasil observasi yang menunjukkan data siswa kelas IV SDN Dawuhan Wetan 03 Kabupaten Lumajang yang kesulitan mengerjakan soal cerita materi satuan kuantitas. Hal ini dapat dimengerti karena pembelajaran matematika di SD ini masih berpusat pada guru (teacher centered). Guru tidak menyediakan kerangka kerja yang terstruktur dalam proses pembelajaran soal cerita materi satuan kuantitas, sehingga siswa menjadi tidak paham dalam mengerjakan soal cerita materi satuan kuantitas. Dalam soal cerita materi satuan kuantitas, guru tidak menggunakan pemecahan masalah model Polya sehingga siswa sulit dalam mengerjakan soal cerita materi satuan kuantitas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar soal cerita materi satuan kuantitas di kelas IV SDN Dawuhan Wetan 03 Kabupaten Lumajang. Selain itu dijelaskan pula proses pembelajaran dalam penerapan pemecahan masalah model Polya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Dawuhan Wetan 03 Kabupaten Lumajang dan untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus melalui tahap perencanaaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Instrument yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, catatan lapang dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pemecahan masalah model Polya dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita materi satuan kuantitas siswa kelas IV SDN Dawuhan Wetan 03 Kabupaten Lumajang. Adapun peningkatan tersebut dari pra tindakan hingga tes evaluasi 2 mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar dari pra tindakan, tes evaluasi 1 hingga tes evaluasi 2 yaitu dari 26% (kurang) menjadi 61% (baik) kemudian menjadi 87% (sangat baik).