PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X MAN MALANG 2 BATU PADA MATERI KINGDOM ANIMALIA

Main Author: NURÂ’AINI, FENI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26861/1/jiptummpp-gdl-feninurain-34221-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26861/2/jiptummpp-gdl-feninurain-34221-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26861/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran biologi sangat berperan dalam proses pendidikan dan juga perkembangan teknologi, karena biologi memiliki upaya untuk membangkitkan minat manusia dalam rnengernbangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berbagai permasalahan yang muncul di sekolah dalam pembelajaran biologi terkait dengan materi Kingdom Animalia yaitu materi yang sangat banyak dan siswa susah untuk memahaminya serta keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran. Sehingga perlu diadakan pengembangan media pembelajaran untuk mengatasi hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini: (1) Mengetahui efektifitas penerapan pengembangan media pembelajaran, (2) Mengetahui tingkat pemahaman siswa dengan adanya penerapan pengembangan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan atau Research and Development (R&D). Model penembangan yang digunakan mengacu pada langkah-langkah pengembangan Borg & Gall (1983) yang dimodifikasi dari Sukmadinata (2010) yang meliputi tiga tahap, yaitu: studi pendahuluan, pengembangan dan validasi. Untuk mengetahui efektifitas penerapan pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan cara pemberian angket kepada siswa. Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dilakukan pretest dan postest. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 Maret sampai 29 September 2013 di MAN Malang 2 Batu. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk media pembelajaran Biologi yang sudah melalui beberapa uji dan revisi dari para ahli dan siswa. Berdasarkan uji kelayakan dari ahli media, ahli materi, dan siswa media pembelajaran dinyatak sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan uji eksperimen pada kelas perlakuan terjadi peningkatan pemahaman siswa terhadap materi Kingdom Animalia yaitu dari rata-rata nilai sebelum menggunkan media (pretes) 41,60 meningkat menjadi 90,3 setelah menggunakan media (postest) sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai sebelum membaca buku teks pelajaran (pretest) 48,80 meningkat menjadi 68,60 (postest) setelah membaca buku teks pelajarn. Dengan demikian dapat dinyatakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif lebih efektif meningkatkan pemahaman siswa kelas X MAN 2 Malang pada materi Kingdom Animalia