PENERAPAN PBMP (PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN) DENGAN TEKNIK TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERPENDAPAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

Main Author: ROFIÂ’AH, IDA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26859/1/jiptummpp-gdl-idarofiah0-34223-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26859/2/jiptummpp-gdl-idarofiah0-34223-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26859/
Daftar Isi:
  • Hasil Observasi dan wawancara terhadap guru mata pelajaran biologi SMP Muhammadiyah 06 Dau diperoleh guru masih mendominasi kegiatan belajar mengajar, siswa belum terlibat dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan berpendapat siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 06 Dau tersebut, maka diterapkan pola PBMP dengan teknik Talking Chips. Pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) merupakan pola pembelajaran yang berusaha memberdayakan pemikiran melalui pertanyaan. Pola pembelajaran ini sejalan dengan pola kontruktivisme. Teknik Talking Chips merupakan bagian dari strategi pembelajaran Cooperative Learning yang dilakukan dalam kelompok kecil. Penggabungan antara pola PMBP dengan Teknik Talking Chips juga tergolong pembelajaran konstruktivisme yang dapat memicu siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan berpendapat dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII B SMP Muhmmadiyah 06 Dau. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindaklan Kelas (PTK), penelitian dilakukan 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Keterlaksanaan langkah-langkah pembelajaran dengan perpaduan pola PBMP dengan teknik Talking Chips terlaksana 97,5% didukung dengan respon siswa yaitu 96,5% siswa setuju/senang dengan pembelajaran tersebut. Keaktifan berpendapat siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan, siklus I siswa yang berpendapat adalah 67,8% dan meningkat pada siklus II menjadi 89,5%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu siklus 1 siswa yang lulus secara klasikal adalah 63% dan siklus II meningkat menjadi 88,9%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan perpaduan pola PBMP dengan teknik Talking Chips mampu meningkatkan keaktifan berpendapat dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 06 Dau, Malang.