PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO COMPACT DISC UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IA SMA NEGERI 7 MALANG

Main Author: HIDAYAT, VIKY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26841/1/jiptummpp-gdl-vikyhidaya-34488-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26841/2/jiptummpp-gdl-vikyhidaya-34488-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26841/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi yang telah dilakukan pada siswa kelas XI IA-1 SMA Negeri 7 Malang pada mata pelajaran Biologi menunjukkan bahwa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, sebagian siswa kurang bersemangat, aktivitas belajarnya rendah, dan sebagian tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh gurunya. Berbagai permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa pada materi Sel tahun pelajaran 2011/2012 dengan persentase kelulusannya hanya 45%, sehingga siswa dikatakan belum tuntas belajar secara klasikal. Penyebab terjadinya berbagai permasalahan pada saat kegiatan pembelajaran tersebut adalah guru menggunakan metode pembelajarannya monoton, ceramah, diskusi tetapi siswa yang aktif hanya siswa yang pandai saja, dan terkadang metode yang digunakan kurang sesuai dengan materi yang sedang diajarkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IA-1 SMAN 7 Malang melalui penerapan pembelajaran CS dengan penggunaan media VCD. Data aktivitas dan hasil belajar siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dokumentasi, LKPD, dan post-test. Analisis data penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran CS dengan penggunaan media VCD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada siklus II dan siklus II, persentase aktivitas belajar pada siklus I sebesar 77,62% (tinggi) dan pada siklus II meningkat menjadi 83,57% (sangat tinggi); (2) penerapan pembelajaran CS dengan penggunaan media VCD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari 42 siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa memperoleh nilai tes > KKM dengan persentase 71,43% pada siklus I sehingga siswa dikatakan tuntas belajar secara klasikal, kemudian meningkat menjadi 32 siswa memperoleh nilai tes > KKM dengan persentase 76,19% pada siklus II sehingga siswa dikatakan tuntas belajar secara klasikal.