KONSTRUKSI PERILAKU KONSUMSI PADA IKLAN TELEVISI (Studi Semiotik Pada Iklan Aqua Versi Keluarga Banyu)
Main Author: | Ulinuha, Nasich Taufik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26810/1/jiptummpp-gdl-nasichtauf-32862-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26810/2/jiptummpp-gdl-nasichtauf-32862-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26810/ |
Daftar Isi:
- Tanpa kita sadari, masyarakat selalu diposisikan sebagai konsumen potensial untuk meraup keuntungan bisnis. Hal ini juga tidak lepas dari peran media komunikasi dalam melakukan pendekatan khususnya media iklan televisi. Iklan yang ditayangkan televisi menjadi media komunikasi yang efektif menyebarkan ideologi, mempengaruhi khalayak umum untuk mempersepsikan peran sosial dan menanamkan nilai dalam aktivitas hidup sehari-hari. Iklan cenderung membangun realitasnya sendiri guna untuk membntuk konsumen yang loyal terhadap sutu produk. Dengan bahasa simbol yang di gunakan dalam iklan, baik visual maupun audio serial iklan Aqua versi “Keluarga Banyu I dan II” menyiratkan maksud tersembunyi untuk merebut konsumennya. Dicurigai adanya upaya iklan untuk mengkonstruksi prilaku konsumsi pada masyarakat. Untuk itu penelitian ini dilaksanakan untuk membongkar bagaimana makna tanda dalam upaya konstruksi perilaku konsumsi di masyarakat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan semiologi Roland Barthes. Tipe penelitian intrepretatif dimaksudkan untuk mengiterpretasikan gambaran dan pemahaman mengenai bagaimana iklan berperan dalam konstruksi sosial untuk menciptakan perilaku konsumsi. Data dalam penelitian ini adalah data yang kemudian diinterpretasikan dengan rujukan, acuan, dan referensi-referensi ilmiah. Serial iklan Aqua “Keluarga Banyu I dan II” menggambarkan pola konsumsi yang diadegankan melalui kebiasaan sebuah keluarga yang selalu mengkonsumsi Aqua setiap akan melakukan aktifitas. Mengkonsumsi Aqua seolah menjadi suatu ritual yang harus dilaksanakan, sehingga Aqua menjadi produk yang tidak bisa digantikan dalam kehidupan sehari-hari. Aqua digambarkan sebagai awal dari gaya hidup sehat dan modal mengawali setiap aktifitas. Perhatian orang tua terhadap anggota keluarga yang digambarkan iklan menunjukan upaya untuk membentuk kecemasan orang tua, dan membuat para orang tua mengingini Aqua karena dirasa sangat membutuhkan. Dari hasil temuan penelitian, dapat disimpulkan tentang bagaimana Aqua ingin menyadarkan orang tua pentingnya pertimbangan untuk memilih produk konsumsi untuk anggota keluarga. Konstruksi konsumsi digambarkan melalui bentuk perhatian orang tua dengan memberikan produk Aqua untuk anak dan Aqua yang selalu menemani segala aktifitas. Iklan mencoba untuk membentuk loyalitas konsumen pada merek Aqua. Masyarakat digiring untuk mengkonsumsi gaya hidup Aqua yang tergambarkan dalam iklan, dengan cara menampilkan konsumsi Aqua yang secara terus-menerus yang akan meningkatkan proses jual belinya. Iklan menempatkan produknya sebagai sosok pahlawan yang mampu menyelesaikan masalah kesehatan yang menjadi kecemasan para orang tua. Sehingga Aqua menjadi jawaban kekawatiran orang tua terhadap kesehatan dan masa depan anak. Kata kunci : Konstruksi Sosial, Makna Tanda, Iklan, Perilaku Konsumtif.