EFEKTIFITAS RUBRIK SPORTIVO DI RADAR MALANG TERHADAP MINAT MENONTON PERTANDINGAN AREMA Survei Pada Pembaca Rubrik Sportivo Radar Malang di Kelurahan Mojolangu, Malang
Main Author: | PIRNGADI, BOBBY AMIEN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26798/1/jiptummpp-gdl-bobbyamien-34526-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26798/2/jiptummpp-gdl-bobbyamien-34526-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26798/ |
Daftar Isi:
- Penelitian yang berjudul Efektifitas Rubrik Sportivo Terhadap Minat Menonton Pertandingan Arema, diawali oleh ketertarikan peneliti terhadap pemberitaan klub sepakbola Arema pada rubrik Sportivo di Radar Malang yang selalu memberitakan perkembangan klub sepakbola Arema secara lengkap dan aktual. Selain itu berdasarkan keadaan yang ada, pendukung Arema memiliki loyalitas yang tinggi dalam memberikan dukungan kepada klub yang memiliki julukan Singo Edan tersebut. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas rubrik sportivo terhadap minat menonton pertandingan Arema, serta untuk mengetahui seberapa besar tingkat efektifitas rubrik sportivo terhadap minat menonton pertandingan Arema. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDDA. Teori tersebut dirumuskan untuk memudahkan dan mengarahkan suatu tujuan komunikasi yang dilakukan. Konsep teori AIDDA menjelaskan suatu proses psikologis yang terjadi pada diri khalayak (komunikan) dalam menerima pesan komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dasar survei. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat kelurahan Mojolangu, Malang. Sampel penelitian ini adalah masyarakat kelurahan Mojolangu, Malang yang diambil dengan teknik simple random sampling sejumlah 72 orang. Untuk uji validitasnya menggunakan rumus korelasi product moment, uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach dan uji hipotesisnya menggunakan rumus uji F. Semua uji analisis yang dilakukan dalam pengolahan data menggunakan SPSS versi 20.0 for Windows Operating System. Hasil penelitian ini terbukti adanya efektifitas rubrik sportivo terhadap minat menonton pertandingan Arema, dengan nilai Fhitung (25,370) > Ftabel (3,98). Adapun besarnya nilai efektifitas adalah sebesar 26,6%. Sehingga dapat dikatakan apabila penyajian berita Arema pada rubrik sportivo semakin ditingkatkan, maka akan diikuti dengan peningkatan minat menonton pertandingan Arema. Disamping itu implikasi dari teori AIDDA mampu membangkitkan perhatian pembacanya melalui penyajian beritanya tentang perkembangan dan segala hal yang berkaitan dengan klub Arema yang dikemas secara jelas, terpercaya, dan aktual. Peneliti menyarankan agar Radar Malang lebih meningkatkan lagi pemberitaan tentang Arema di dalam rubrik Sportivo. Salah satu caranya dengan menambah halaman tentang profil Arema ataupun sisi lain kehidupan para pemain Arema. Sehingga pembaca akan mengikuti lebih dalam pemberitaan Arema dan tertarik untuk melihat langsung tim Arema di lapangan saat bertanding.