MOTIF MAHASISWA MENONTON PROGRAM RADIOROADSHOW LIVE IN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG DI TvOne (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2009)

Main Author: NURVIANTONO, AFID RIDHO
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26791/1/jiptummpp-gdl-afidridhon-34529-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26791/2/jiptummpp-gdl-afidridhon-34529-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26791/
Daftar Isi:
  • Radioroadshow adalah program acara variety show dari Tvone yang menjadi suatu wadah bagi para musisi indonesia untuk menunjukkan hasil karyanya, bisa dalam bentuk live performance maupun video clip yang menjadi salah satu media promosi bagi musisi tersebut. Program musik ini menyajikan suatu konten musik yang menghibur sekaligus mempunyai konsep yang berbeda dengan memasukan sisi edukatif yang memberikan suatu workshop dalam bermusik, berbeda jenis alat maupun kemampuan musik dalam setiap episode-nya. Setiap episode mempunyai edisi tentang jamming bareng dengan menampilkan live performance dari bintang tamu yang ditentukan yaitu musisi yang sudah handal dibidangnya sehingga dapat menjadi suatu tayangan edukasi sekaligus menghibur yang belum pernah ada di program musik televisi lainnya. Pada segmen berikutnya juga ada sesi tanya jawab untuk membahas masalah dalam bermusik khususnya sesuai dengan edisi pada setiap episode-nya. Acara ini mempunyai suatu karakterisktik yang terdapat nilai hiburan, edukatif, informatif dan sekaligus sebagai media promosi bagi bintang tamu yang hadir dalam program musik tersebut. Teori dalam penelitian ini menggunakan Uses and Gratification, yang memandang bahwa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan audiens memilih, media apa yang hendak digunakan, kemudian juga memilih pesan apa (acara, rubrik, berita) yang hendak "dinikmati". Tindakan memilih atau menggunakan tersebut dilakukan karena orang mengharapkan kepuasan atau terpenuhinya keinginan. (Elihu Katz, Michel Gurevitch dan Hadassa Hass 1973). Jadi teori ini menjelaskan bahwa khalayak bebas memilih media untuk memuaskan kebutuhannya. Motif yang diteliti adalah motif kognitif, motif diversi, motif identitas personal, dan motif integrasi sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode Uses and Gratification, yang mengasumsikan bahwa orang mempunyai kebutuhan dan keinginan dalam menggunakan dan memilih media seperti berlangganan, membaca, menonton atau mendengarkan media massa. Karena itu teori ini digunakan oleh peneliti untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh orang terhadap media. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2009 dengan menggunakan tehnik Simple Random Sampling maka ditetapkan 80 orang sebagai subyek penelitian sesuai dengan kriteria pengambilan sample 20-25%. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebar kuisioner kepada koresponden. Hasil penelitian ini dapat diketahui motif menonton tayangan Radioroadshow Tvone Live in Universitas Muhammadiyah Malang pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2009, Motif kognitif yang paling kuat dalam mendorong mahasiswa adalah untuk memperoleh pengetahuan bermusik musisi kota Malang yang mempunyai rata-rata tertinggi yaitu 33,60. Untuk motif integrasi sosial dalam mendorong mahasiswa menonton program “Radioroadshow Tvone Live in UMM” sebagai bahan pembicaraan dalam media sosial. yaitu 7,44. Kemudian motif diversi dalam mendorong mahasiswa menonton program “Radioroadshow Tvone Live in UMM” untuk mengusir kejenuhan di akhir pekan yaitu 7,26. Sedangkan yang paling lemah motif identitas personal dalam mendorong mahasiswa menonton program “Radioroadshow Tvone Live in UMM” sebagai bentuk pengekspresian diri yaitu 7,11. Analisis peneliti menyimpulkan bahwa motif yang paling kuat dalam mendorong mahasiswa menonton program “Radioroadshow Tvone Live in UMM” adalah motif kognitif kemudian motif yang tingkatan sedang dalam mendorong mahasiswa menonton program “Radioroadshow Tvone Live in UMM” adalah motif integrasi sosial dan motif diversi, dan motif yang paling lemah dalam mendorong mahasiswa menonton program “Radioroadshow Tvone Live in UMM” adalah motif identitas personal. Peneliti menyarankan kepada pihak Tvone agar acara ini bisa diangkat kembali ratingnya untuk lebih menampilkan dan memfasilitasi musisi di daerah yang kurang terekspose karyanya juga kepada pihak televsi swasta lainnya untuk membuat konsep acara music yang juga jadi panutan seperti acara tersebut. Selain itu peneliti mengharapkan untuk lebih meluaskan kajian penelitian sebagai bentuk referensi lanjutan penelitian mengenai hal-hal tersebut.