STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN MENGGUNAKAN RANGKA BAJA PADA JEMBATAN GROBOGAN KABUPATEN LUMAJANG – JAWA TIMUR
Main Author: | KURNIAWAN, LUTFIE JUNAIDI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26752/1/jiptummpp-gdl-lutfiejuna-35281-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26752/2/jiptummpp-gdl-lutfiejuna-35281-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26752/ |
Daftar Isi:
- Jembatan Grobogan Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang atau Buk panjang merupakan jembatan penghubung jalur provinsi antara Surabaya-Jember. Jembatan ini dibuat pada zaman Belanda sekitar tahun 1890 menggunakan pasangan batu bata (landas). Kondisinya saat ini sudah sangat memprihatinkan, sehingga perlu dibangun jembatan baru. Alternatif perencanaan struktur atas jembatan yang sesuai, mempunyai kekuatan dan kekakuan yang cukup, ekonomis dan mudah untuk saat ini adalah menggunakan rangka baja tipe Australia Warren Truss. Semua beban yang bekerja pada lantai kendaraan akan didistribusikan keseluruh rangka utama melalui gelagar memanjang dan melintang. Dari hasil studi, pada rangka utama batang horisontal atas menggunakan profil WF 400 x 400 x 18 x 28, batang horisontal bawah menggunakan WF 400 x 400 x 16 x 24, batang diagonal tepi mengunakan WF 400 x 400 x 20 x 35, batang diagonal tengah menggunakan WF 400 x 400 x 11 x 18. Gelagar memanjang, melintang, dan portal ujung masing-masing menggunakan profil WF 450 x 200 x 9 x 14, plat tersusun 900 x 300 x 18 x 34, dan WF 500 x 300 x 11 x 18, disambung baut mutu tinggi dengan diameter Â3⁄4 , dan 1 inchi. Perletakan menggunakan elastomeric bearings tipe 11M (FD) dengan kapasitas beban total 731 kips setara dengan 331576,04 kg.