PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN BIOLOGI MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK SISWA KELAS XII SMK NEGERI 02 BATU

Main Author: RAHMAYANI, FEGA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26741/1/jiptummpp-gdl-fegarahmay-32681-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26741/2/jiptummpp-gdl-fegarahmay-32681-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26741/
Daftar Isi:
  • Kegiatan pembelajaran di SMK kurang sesuai dengan tujuan kurikulum yang ada di SMK yaitu siswa dilatih dan di didik untuk bisa menerapkan materi yang diajarkan untuk bisa diterapkan dikehidupan nyata. Bahan ajar yang digunakan masih menggunakan buku biologi SMA, dari isi buku biologi SMA banyak terdapat materi yang bersifat teoritis sehingga penjelasan dalam materi kurang dikontekstualkan dan kurang bersifat aplikatif, sehingga siswa kurang dibekali dengan kemampuan dan keterampilan untuk bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan masalah diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangkan handout berbasis kontekstual pada mata pelajaran biologi materi bioteknologi di SMK Negeri 02 Batu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang didasarkan pada rancangan pengembangan (Research and Development) menurut model Sugiyono dengan langkah-langkah pengembangan meliputi: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Metode pengumpulan data menggunakan validasi dari ahli handout, ahli materi dan uji coba kepada kelompok belajar. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif . Data kuantitatif diperoleh dari presentase penilaian produk handout kemudian diklasifikasi kedalam kriteria pada kualitas handout dan data kualitatif diperoleh dari hasil komentar dan saran dari validator dan uji coba di SMK. Hasil dari kualitas handout yang dihasilkan bahwa pengembangan handout berbasis kontekstual mencapai kualitas yang baik setelah mengikuti proses malalui penilaian dari validasi dengan presentase 80,90% dan uji coba terhadap penggunaan handout mencapai nilai yang sangat baik yaitu 97,75% serta mendapat respon yang sangat positif dari siswa dengan presentase 90,82%. Secara keseluruhan handout berbasis kontekstual memiliki kualitas yang baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar biologi dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 02 Batu.