PERSEPSI ATLET TENTANG IKLAN ROKOK DALAM ACARA OLAHRAGA (Studi pada Atlet Basket Civitas Bola Basket Universitas Muhammadiyah Malang)
Main Author: | Prameswari, Adelina Lintang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26709/1/jiptummpp-gdl-adelinalin-31386-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26709/2/jiptummpp-gdl-adelinalin-31386-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26709/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasari atas fenomena banyaknya acara olahraga yang disponsori oleh perusahaan rokok. Beberapa acara yang di dalamnya terdapat iklan rokok antara lain acara sepak bola yaitu Liga Super Indonesia, kejuaraan bulu tangkis yaitu Djarum Indonesia Open 2011, lalu juga ada kejuaraan basket antar Universitas yang bertaraf Nasional yaitu LA Lights Campus League. Sejumlah Perguruan Tinggi di Malang misalnya, lapangan olahraga yang mereka miliki sebagian besar dibranding dengan merek rokok. Begitu pula halnya dengan salah satu Universitas swasta di Malang contohnya saja Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) salah satu tempat olahraga yang ada di kampus ini yaitu lapangan basket selalu dibranding oleh merek rokok. Tentunya perusahaan-perusahaan rokok tersebut juga memiliki timbal balik sebagai pemasang iklan. Mahasiswa sebagai salah satu lapisan masyarakat yang juga gemar menyaksikan acara olahraga tentunya memiliki persepsi tentang acara olahraga namun didalamnya terdapat iklan rokok. Rokok pada dasarnya merupakan suatu hal yang bertolak belakang dengan kesehatan. Dengan adanya berbagai faktor personal yang berpengaruh dalam diri mereka, tidak menutup kemungkinan persepsi yang dihasilkan mahasiswa tersebut khususnya mahasiswa yang juga merupakan atlet dalam UKM CIBBM berbeda-beda satu sama lain dalam melihat fenomena yang terjadi. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui persepsi atlet basket Civitas Bola Basket Muhammadiyah (CIBBM) tentang iklan rokok dalam acara olahraga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R dan teori Disonansi Kognitif. Dalam teori ini respon sangat tergantung pada proses yang terjadi pada diri komunikan. Pada mulanya perhatian komunikan tertarik pada stimulus tertentu untuk kemudian mengalami proses persepsi sehingga menjadi mengerti, memahami, yang pada akhirnya memunculkan respon tanggapan terhadap stimulus yang diterima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan di UKM Bola Basket CIBBM, Universitas Muhammadiyah Malang. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang aktif terdaftar dalam organisasi CIBBM Universitas Muhammadiyah Malang hingga bulan Januari 2012. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling, yakni sebanyak 40 orang karena populasi dalam penelitian ini dibawah 100. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach dan analisis menggunakan rumus mean atau rata-rata. Beberapa uji yang dilakukan dalam pengolahan data menggunakan SPSS versi 20.0 for windows operating system, sebagian menggunakan perhitungan manual. Hasil penelitian ini diketahui persepsi atlet tentang iklan rokok dalam acara olahraga dari perhitungan tabel interval, hasil tersebut berada dalam kategori positif. Persepsi positif responden sebagai pelaku dan penikmat olahraga didasarkan adanya hubungan yang saling memberikan manfaat. Pada satu sisi event olahraga membutuhkan sponsorship demi terselenggaranya sebuah kompetisi, sedangkan disisi lain perusahaan rokok dituntut untuk memenuhi target penjualan dan membutuhkan media sebagai tempat untuk mengiklankan produknya.