PERAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMP MUHAMMADIYAH 1 BLITAR

Main Author: TRISNAWATI, KARUNIA INDAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26698/1/jiptummpp-gdl-karuniaind-34140-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26698/2/jiptummpp-gdl-karuniaind-34140-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26698/
Daftar Isi:
  • Pendidikan tidak terlepas dari peran seorang guru, sebab melalui guru ilmu itu di berikan. Peran guru juga merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mendidik atau meningkatkan prestasi siswanya. Guru selalu menjadi contoh dan teladan para siswanya dalam melakukan segala aktivitasnya. Mengingat bahwa guru juga memberi pengarauh terhadap prestasi belajar siswa bahwa seorang guru sangat berpengaruh terhadap hasil belajar yang dapat ditunjukan oleh peserta didiknya. guru sebagai media penyalur ilmu kepada peserta didik hendaknya menguasai konsep pembelajaran sehingga siswa dapat menangkap informasi dengan baik, mudah diingat, menyenangkan serta dapat diterapkan dalam pemecahan masalahnya dalam bentuk evaluasi yang diberikan guru, sehingga hasil akhir dalam proses pendidikan dapat maksimal. Sebagai suatu mata pelajaran yang ada dalam kurikulum sekolah, PKn memiliki misi yang harus dilaksanakan. Di antara misi yang harus dilaksanakan adalah sebagai pendidikan dasar untuk mendidik warga negara agar mampu berpikir kritis dan kreatif, mengkritisi, mengembangkan pikiran. Untuk itu siswa perlu memiliki kemampuan belajar tepat, menyatakan dan mengeluarkan pendapat, mengenal dan melakukan penelitian terhadap permasalahan yang timbul di lingkungannya agar tercapai perilaku yang diharapkan.Oleh karena itu perubahan-perubahan berkaitan dengan tugas mengajar guru harus selalau ditingkatkan. Tujuan penelitian mengenai bagaimana peran guru dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa, serta kendala dan solusi peran guru dalam usaha meningkatkn prestasi belajar siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif. Dimana peneliti terjun langsung untuk menggali informasi terkait dengan judul dari penelitian. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan yang perlu digali informasinya adalah guru bidang studi PKn SMP Muhammadiyah 1 Blitar, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Blitar, serta sampel dari siswa di SMP Muhammadiyah 1 Blitar. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) bahwa guru bidang studi PKn SMP Muhammadiyah 1 Blitar berperan sebagai pengarah, pembimbing, pemberi kemudahan dengan menyediakan berbagai fasilitas belajar, pemberi bantuan bagi peserta yang mendapat kesulitan belajar, dan pencipta kondisi yang merangsang dan menantang siswa untuk berpikir dan bekerja. pengajar perlu berusaha meningkatkan prestasi belajar siswa mengembangkan potensi dan kemampuan siswa sampai setinggi yang ia bisa. (2) bahwa hambatan dari pelaksanaannya berasal dari siswa itu sendiri salah satunya tingkat ekonomi keluarga serta tingkat pendidikan orang tua, kedua masyarakat, ketiga baru sekolah. (3) sedangkan solusinya bersumber dari kebijakan yang dikeluarkan oleh kepala sekolah. Berupa kebijakan yang berbentuk mendidik melalui jalur agama, seperti melakukan sholat dzuhur berjamaÂ’ah ketika istirahat, mengadakan kegiatan dakwah disekolah, menyediakan semua fasilitas yang di butuhkan siswa sebisa mungkin agar membuat siswa nyaman dan senang dalam melaksanakan pembelajaran. Dan para guru, semua warga sekolah merupakan pendukung utama untuk menyemangati murid-murid dalam proses belajar mengajar untuk meraih prestasi yang lebih baik.