PERAN GURU PKN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SMP NEGERI SATU ATAP MERJOSARI MALANG

Main Author: BAHTIAR, FAISA INDRA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26690/1/jiptummpp-gdl-faisaindra-34205-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26690/2/jiptummpp-gdl-faisaindra-34205-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26690/
Daftar Isi:
  • Dasar dari suatu pengembangan disiplin pada anak merupakan suatu tanggung jawab dari orang tua, guru maupun pihak yang terkait. Tujuan daripe nelitian (1) untuk menjelaskan kedisiplinan siswa dan tanggung jawab siswa SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang, (2) untuk menjelaskan peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang, (3) untuk menjelaskan kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang (4) untuk menjelaskan solusi yang ditawarkan dalam meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Diman tingkah laku apapun yang dilakukan siswa baik didalam kelas maupun di luar kelas yang bersifat positif perlu diberikan aspresiasi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan dokumenstai. Adapun informan yang di gali informasinya adalah guru bidang studi PKn SMPN Satu Atap Merjosari Malang, Kepala Sekolah SMPN Satu Atap Merjosari Malang, guru BP SMPN Satu Atap Merjosari Malang , serta Sampel dari siswa-siswi SMPN Satu Atap Merjosari Malang itu sendiri. Kemudian data ini di analisis secara diskriptif kualitatif sehingga metode yang digunakan dapat memberikan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi secara falid dan tidak ada rekayasa dalam penelitian ini. Penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu : (1).Kedisiplinan dan tanggung jawab Siswa SMPN Satu Atap Merjosari Malang Meningkatkan kedisplinan dan tanggung jawab dapat dilakukan dengan berbagi cara seperti memerikan intrakulikuler atau pun ekstrakulikuler yang ada di sekolah.(2). Peran Guru PKNPendidikan Kewarganegaraan adalah pendidikan yang menyakup pemahaman dasar tentang cara demokrasi dan lembaga-lembaganya, tentang nile of law, HAM, pengetahuan ketrampilan partisipatif yang demokratis, pengembangan budaya demokrasi dan perdamaian. (3).Kendala-kendala dalam meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang adalah sumber dari dalam diri siswa itu sendiri. (4). Solusi yang di pakai dalam meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa di SMPN Satu Atap Merjosari Malang ini memiliki solusi dalam meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab sehingga siswa dapat terkontrol Kata Kunci: Peran Guru Pkn, Meningkatkan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab