PERAN GURU BIDANG STUDI PKN DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA SMK PGRI SOOKO KABUPATEN MOJOKERTO

Main Author: YANUARINI, ETIK AGUSTIN RATNA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26670/1/jiptummpp-gdl-etikagusti-32584-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26670/2/jiptummpp-gdl-etikagusti-32584-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26670/
Daftar Isi:
  • Peran Guru Bidang Studi PKn dalam Membina Kedisiplinan Siswa SMK PGRI Sooko Kabupaten Mojokerto Oleh : Etik Agustin Ratna Yanuarini Pembimbing 1 : Dr. Nurul Zuriah M.Si Pembimbing 2 : Drs. M. Mansur Ibrahim Pendidikan mempunyai peranan penting dalam kehidupan karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan pembaharuan sistem pendidikan. Pendidikan merupakan sebuah proses dengan metode tertentu sehingga peserta didik memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif yang membahas tentang peran guru bidang studi PKn dalam membina kedisiplinan siswa. Peran disiplin memang sangat penting bagi setiap individu, apalagi bagi siswa di sekolah. Karena sikap disiplin yang muncul dari kesadaran diri siswa akan mengantarkan kepada kesuksesan belajar dan tentunya sikap disiplin itu didukung oleh kesadaran mentaati aturan, norma-norma dan tata tertib yang berlaku agar siswa menjadi individu yang tertib, teratur dan disiplin dalam berbagai hal. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peran Guru PKn dalam membina kedisiplinan siswa, (2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu: (1) Guru Bidang Studi PKn SMK PGRI Sooko Kabupaten Mojokerto telah membina kedisiplinan siswa dengan baik, (2) Guru PKn selalu mengupayakan agar siswa dapat meningkatkan kedisiplinannya baik di dalam kelas, lingkungan sekolah, maupun lingkungan sosial karena guru bukan hanya sebagai seorang pendidik tapi juga membimbing dan mengawasi siswa di sekolah, (3) hambatan dari pelaksanaan disiplin sekolah kurang disadari oleh siswa dan cenderung melakukan pelanggaran tata tertib sekolah. Oleh karena itu pihak sekolah lebih mengefektifkan, mensosialisasikan peraturan dan tata tertib lebih baik lagi agar dapat dilaksanakan dan dipatuhi oleh siswa SMK PGRI Sooko dengan baik.