PENGARUH TERPAAN IKLAN TELEVISI KAMPANYE POLITIK CALON PRESIDEN JOKOWI-JK TERHADAP TINGKAT KEPUTUSAN MEMILIH MASYARAKAT DALAM PEMILU 2014 (Studi Pada Masyarakat Perumahan Puri Kartika Asri Kota Malang)
Main Author: | Saputra, Arga Dimantara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26564/1/jiptummpp-gdl-argadimant-38288-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26564/2/jiptummpp-gdl-argadimant-38288-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/26564/ |
Daftar Isi:
- Pemilu di Indonesia dilaksanakan setiap 5 tahun sekali, berdasarkan apa yang dapat kita lihat di layar kaca, para kandidat pilpres sering sekali iklan kampanye politik bermunculan di televisi, iklan kampanye politik mereka sangat beraneka ragam namun semua iklan yang mereka buat mempunyai satu misi yang sama yaitu ingin membuat Indonesia menjadi lebih baik lagi dengan terpilihnya pemimpin negara. Dalam penelitian ini peneliti memilih tayanagan iklan kampanye politik Jokowi-JK sebagai subyeknya, karena seringnya kemunculan iklan kampanye politik Jokowi-JK di televisi dibandingkan lawanya, selain itu masyarakat umum yang mempunyai hak untuk memilih pada saat pemilu dan dianggap paling relevan untuk dijadikan subjek penelitian dari tingkat kedewasaan berfikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan iklan televisi kampanye politik calon presiden Jokowi-JK terhadap tingkat keputusan memilih masyarakat dalam pemilu 2014. Pada dasarnya, media massa adalah media komunikasi yang ada untuk menyampaikan pesan dan akan menimbulkan efek pada komunikanya. Untuk menganalisis pengaruh terpaan iklan televisi kampanye politik Jokowi-JK terhadap tingkat keputusan pemilih dalam pemilu 2014 tersebut, peneliti menggunakan analisis data yang meliputi 3 tahap yaitu survey, penyajian data dan uji validitas dan reliabilitas data. Penelitian ini meggunakan metode peneltian survey dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana pengaruh terpaan iklan televisi kampanye politik Jokowi-JK pada Iklan kampanye politik Jokowi-JK terhadap tingkat keputusan memilih masyarakat dalam pemilu 2014 dengan menggunakan teori S-O-R (Stimulus Organism Response). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa nilai koefisien r square sebesar 0,463 dengan demikian besarnya pengaruh terpaan iklan televisi kampanye politik Jokowi-JK terhadap tingkat keputusan masyarakat sebesar 46,3% dan sisanya sebesar 53,7% dipengaruhi oleh faktor lain dan pengaruh yang di timbulkan iklan politik Jokowi-JK ini termasuk positif dan pengaruhnya termasuk dalam kategori sedang. Pengaruh terpaan iklan televisi kampanye politik Jokowi-JK terhadap tingkat keputusan memilih masyarakat dalam pemilu 2014 menimbulkan tiga efek yang terjadi pada masyarakat yang menyaksikanya, efek kognitif efek afektif dan behavior. Efek kognitif yang terjadi adalah masyarakat mengerti akan sosok Jokowi-JK setelah terkena terpaan iklan, efek afektif yang terjadi pada masyarakat adalah perubahan sikap rasa suka maupun tidak suka terhadap sosok Jokowi-JK dan efek behavior yang terjadi adalah masyarakat mempunyai keputusan, penilaian yang timbul untuk membentuk sebuah perilaku atau tindakan khalayak yang tampak. Inilah reaksi yang di timbulkan oleh masyarakat melalui stimulus dari tayangan iklan politik Jokowi-JK dan dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa terpaan iklan kampanye politik Jokowi-JK berpengaruh positif terhadap tingkat keputusan memilih masyarakat dalam pemilu 2014.