PENGARUH CITRA PRODUK TERHADAP EKUITAS MEREK (Studi pada Pengguna Produk Simcard CDMA Prabayar “SMARTFREN” Kelurahan Gedang-Kecamatan Porong)
Main Author: | JATMIKO, RAKHMAD APRILIAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26547/1/jiptummpp-gdl-rakhmadapr-38295-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26547/2/jiptummpp-gdl-rakhmadapr-38295-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26547/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena persaingan merek dari berbagai perusahaan dalam merebut Top Brand Award. Konsumen akan cenderung percaya pada merek yang pernah meraih Top Brand Award. Lonjakan top brand index merek Smartfren untuk kategori telekomunikasi/ IT sebesar 9% dari tahun 2013-2014 mengindikasikan bahwa ada peningkatan yang siginifikan pada ekuitas merek Smartfren. Namun sisi lain dengan terbentuknya akun sejuta keluhan pelanggan Smartfren, mengindikasikan terdapat permasalahan terhadap ekuitas merek dari Smartfren. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah “apakah citra Produk berpengaruh terhadap ekuitas merek, seberapa besar pengaruh tersebut. Citra produk diduga berpengaruh terhadap ekuitas merek dan sangat penting untuk membangun ekuitas merek yang kuat. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh citra produk terhadap ekuitas merek simcard CDMA Smartfren. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori impression management dan teori co-orientation. Dengan teori impression management berasumsi bahwa bagaimana terjadi upaya impression manajemen di dalam sebuah perusahaan untuk menampilkan citra dalam sebuah produk sehingga timbullah suatu identitas atau citra dari publik internal maupun eksternal. Hal ini juga dimaksudkan bahwa dalam penentuan bagaimana wajah ataupun identitas perusahaan tak mudah perlu sebuah pengenalan yang panjang, dan proses negoisasi baik dari perusahaan tersebut ataupun publiknya. Selanjutnya teori co-orientation berasumsi bahwa ketertarikan publik pada suatu objek dalam penelitian ini yakni citra produk, jika persetujuan tidak tercapai atau tingkat persetujuan terhadap suatu objek bernilai rendah, maka akan memunculkan kesenjangan atau gap, dan begitu pula sebaliknya jika persetujuan tercapai atau tingkat persetujuan terhadap suatu objek bernilai tinggi, maka akan memberikan nilai kepada publik dengan memperkuat interpretasi/proses informasi, rasa percaya diri, pencapaian kepuasan dari publik terhadap suatu objek. Kedua teori tersebut sesuai dengan temuan data yang peneliti peroleh dari lapangan bahwa terjadi upaya impression manajemen di dalam PT. Smartfren Telecom Tbk untuk menampilkan citra dalam sebuah produk melalui mutu serta kualitas, pelayanan dan kegunaan serta manfaat dalam sebuah produk tersebut. Sehingga timbullah suatu identitas atau citra dari publik yang dapat memberikan nilai kepada publik dalam meningkatkan rasa percaya diri dan kepuasan publik terhadap suatu objek. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel terhadap 54 responden yang sedang/ pernah menggunakan produk simcard CDMA Smartfen di kelurahan Gedang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling/. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji reabilitas, uji validitas, analisis koefisien determinasi dan uji F dengan hitung manual. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa citra produk (X) terbukti secara signifikan mempengaruhi ekuitas merek (Y). Ditemukan nilai koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,264. Artinya 26,4% variabel citra produk dapat menjelaskan variabel terikat yaitu ekuitas merek. sedangkan sisanya sebesar 73,6% disebabkan oleh variabel lain di luar variabel penelitian. Ditemukan bahwa citra produk memiliki arah pengaruh yang positif terhadap ekuitas merek Smartfren. Dengan hasil korelasi yang positif, dapat dikatakan semakin baik citra produk maka akan semakin baik pula ekuitas merek yang dihasilkan.