KEMAMPUAN GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG
Main Author: | Sulistyani, Lilik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26529/1/jiptummpp-gdl-liliksulis-39858-2-isibabi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26529/2/jiptummpp-gdl-liliksulis-39858-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26529/ |
Daftar Isi:
- Peran dan fungsi guru sangat berarti bagi peserta didik utamanya guru bersetifikat pendidik, kualitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar tergantung guru, maka guru harus mampu mengadakan perubahan bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sehingga akan tercipta iklim belajar dan pembelajaran yang menyenangkan. Keadaan di lapangan menunjukkan belum tentu guru yang bersertifikat pendidik mampu meningkatkan mutu pembelajaran, masih sering dijumpai guru yang telah lulus sertifikasi kinerjanya biasa-biasa saja, sama dengan sebelum bersertifikat pendidik. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui kemampuan guru bersertifikat pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Karangploso. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) kemampuan guru bersertifikat pendidik dalam merencanaan proses pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran, (2) kemampuan guru bersertifikat pendidik dalam pelaksanaan proses pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran, (3)kemampuan guru bersertifikat pendidik dalam penilaian hasil belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran, dan (4) Faktor pendukung dan penghambatan guru bersetifikat pendidik dalam mutu pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini dipilih dengan pertimbangan bahwa peneliti berusaha mendiskripsikan fenomena, peristiwa, dan persepsi seseorang yang berkaitan dengan kemampuan guru bersertifikat pendidik. Sumber data primer dalam penelitian ini kepala sekolah dan guru SMPN 1 Karangploso, kabupaten Malang, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan Analisis Diskripsi, melalui 4 tahapan yaitu; pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) kemampuan guru bersertifikat pendidik sudah melaksanakan perencanakan proses pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran, 2) sudah melaksanakan pelaksanaan proses pembelajaran, serta menunjukkan bahwa Guru bersertifkat pendidik dapat mengembangkan mutu pembelajaran yang ditunjukan dengan selalu berupaya meningkatkan metode pembelajaran, menambah wawasan dengan mengikuti workshop, MGMP dan seminar, serta memiliki kemampuan mengajar yang lebih baik, 3) sudah melaksanakan evaluasi hasil belajar walaupun belum semua mengadakan pengayaan. Adapun saran yang perlu disampaikan, sebagai berikut: (1) bagi Guru bersertifikat pendidik yang masih bersikap konservatif agar mau untuk berubah, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kompetensinya serta mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi agar mutu pembelajaran lebih bagus, sehingga mampu mencapai peringkat 10 besar nilai Ujian Nasional se Kabupaten Malang, (2) bagi Kepala Sekolah, hendaknya memberikan motivasi kepada guru-guru untuk meningkatkan kompetensinya dan memberikan fasilitas kepada Guru sesuai dengan keperluan untuk meningkatkan mutu pembelajaran agar menjadi guru yang profesional