ANALISIS EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN MINYAK GORENG “BIMOLI” (Studi pada Pelanggan “Bimoli” di Kecamatan Gresik)
Main Author: | Rahmi, Vembri Aulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26519/1/jiptummpp-gdl-vembriauli-36091-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26519/2/jiptummpp-gdl-vembriauli-36091-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26519/ |
Daftar Isi:
- Studi ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh ekuitas merek ditinjau dari kesadaran merek dan citra merek terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan “Bimoli” di Kecamatan Gresik dengan pendekatan deskriptif kuantitatif melalui analisis jalur dan alat analisis SPSS 16.00. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan antara ekuitas merek terhadap kepuasan pelanggan dan juga terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan pengaruh parsial hanya terdapat pada ekuitas merek terhadap kepuasan pelanggan, namun tidak berlaku bagi pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan. Hasil analisis regresi moderasi mengindikasikan bahwa kepuasan pelanggan tidak berperan memperkuat hubungan antara ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan ”Bimoli”, melainkan kepuasan pelanggan memediasi hubungan ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan. Elemen ekuitas merek, baik kesadaran merek dan citra merek tidak serta merta membentuk loyalitas pelanggan secara langsung. Kontribusi ekuitas merek terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan tidak begitu besar, sehingga masih terdapat variabel lain di luar penelitian yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.