ANALISIS PEMASARAN BERAS ( Studi kasus di Kecamatan Singosari dan Kecamatan Karangploso ) KABUPATEN MALANG

Main Author: Sunaryono, Joko Gagung
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26515/1/jiptummpp-gdl-jokogagung-36115-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26515/2/jiptummpp-gdl-jokogagung-36115-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26515/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menghitung efisiensi pemasaran beras, menghitung R/C ratio dan B/C ratio. menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap margin pemasaran, menganalisis margin pemasaran beras. metode penelitian ini menggunakan metode yaitu wawancara langsung dengan responden dengan menggunakan teknik snowball dimana informasi yang diperoleh dari responden ditelusuri dan menjadi kunci untuk mendapatkan informasi maupun sumber informasi sekunder. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Data ditabulasi kemudian dihitung efisiensi usahatani dengan parameter R/Cratio dan B/C ratio serta dihitung margin pemasaran. Data pendapatan dan produksi antara dua Kecamatan dibandingkan dengan uji t. Untuk memperoleh gambaran pengaruh faktor-faktor volume penjualan, harga ditingkat petani, harga ditingkat pengecer, lembaga pemasaran terhadap margin pemasaran digunakan uji regresi linear berganda. Berdasarkan kajian pustaka dan hasil penelitian di masing-masing Kecamatan terdapat dua model saluran pemasaran, model saluran I dengan efisiensi sebesar 3,19%, ke II sebesar 3,76%, ke III sebesar 5,76% dan ke IV sebesar 6,36%. Hasil penghitungan R/C ratio dan B/C ratio di Kecamatan Karangploso sebesar R/C ratio 1,84 dan B/C ratio sebesar 0,84 sedangkan di Kecamatan Singosari R/C ratio sebesar 1,99 dan B/C ratio sebesar 0,9. Hasil analisis regresi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap margin pemasaran di Kecamatan Karangploso sebagaimana persamaan Ln y = 2,27981 -0,0187 Ln X1 + 0,580291 Ln X3. . Besarnya margin pemasaran di pengaruhi oleh X3 atau faktor harga di tingkat toko. Sedangkan di Kecamatan Singosari Ln y = - 17,4301 + 0,021096 Ln X1 + 0,580291Ln X3. Besarnya margin pemasaran dipengaruhi oleh X3 atau faktor harga di tingkat toko/pengecer. Dengan memasukan Dummy variabel sebagai X5, ada perubahan intersep dan perubahan koefisien sehingga persamaan menjadi Ln y = - 9,30033 -0,00975 Ln X1 +1,904 LnX3 – 0,84385 Ln X5. Berdasarkan persamaan regresi berganda dengan memasukan variabel dummy, margin Kecamatan Singosari lebih tinggi di bandingkan dengan Kecamatan Karangploso silisihnya signifikan karena koefisien dummy sebesar 0,48.