EFEKTIVITAS GAYA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA MATA PELAJARAN PAI (Studi pada siswa kelas VII SMP Sunan Giri Merjosari Malang)

Main Author: USNAH, ASMAUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26480/1/jiptummpp-gdl-asmaulusna-36905-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26480/2/jiptummpp-gdl-asmaulusna-36905-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26480/
Daftar Isi:
  • Gaya belajar merupakan suatu kombinasi bagaimana siswa menyerap, dan mengolah informasi. Terdapat tiga tipe modalitas belajar yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Prestasi belajar masih tetap menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar. Prestasi belajar yang baik dapat mencerminkan gaya belajar yang baik karena dengan memahami gaya belajar terbaik akan membantu siswa dalam belajar sehingga prestasi yang dihasilkan akan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk 1.Mendeskripsikan gaya belajar siswa dan prestasi akademik siswa mata pelajaran PAI kelas VII SMP Sunan Giri Merjosari Malang. 2. Menganalisis efektifitas gaya belajar siswa dalam meningkatkan prestasi akademik mata pelajaran PAI kelas VII SMP Sunan Giri Merjosari Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Sunan Giri Merjosari Malang. Pemilihan SMP Sunan Giri Merjosari Malang sebagai setting penelitian, karenamelihatalokasiwaktuuntukpelajaran PAI cukupbanyakyaitu 6 jam, denganalokasi yang banyaktersebutdapatmenggalilebihdalamtentangefektivitasgayabelajarsiswa. Pengumpulan data dilakukanmelaluiobservasi, angket (kuisioner), wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis statistik adeskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan 1.gaya belajar yang memberikan efek paling dominan digunakan adalah gaya belajar auditoriya itu sebesar (36,36%); 2. Prestasi akademik siswa kelas VII SMP Sunan Giri Merjosari Malang dengan gaya belajar visual yang mendapat nilai A - sebanyak 5 siswa; 3. Efektivitas gaya belajar dinilai cukup efektif dengan rata-rata 22,9.