PEMBENTUKAN PERILAKU DISIPLIN MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Main Author: CHABIBA,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26477/1/jiptummpp-gdl-chabibanim-36906-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26477/2/jiptummpp-gdl-chabibanim-36906-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26477/
Daftar Isi:
  • Perilaku disiplin merupakan cerminan konkret yang tampak dalam sikap, perbuatan dan perkataan sebagai reaksi seseorang yang muncul karena adanya pengalaman proses pembelajaran dari lingkungan. Sikap, perbuatan dan perkataan tersebut dapat menjadi positif atau negatif. Pembelajaran aqidah akhlak adalah usaha sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan mengimani Allah SWT dan merealisasikannya dalam prilaku akhlak yang mulia dalam kehidupan sehari- hari melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, pengalaman, keteladanan dan pembiasaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti saat menjalani Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang mendapati siswa yang datang terlambat, siswa yang gobrol dengan teman, ngantuk dan izin ke kamar mandi padahal dia ke kantin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai kedisiplinan dalam bidang studi aqidah akhlak di MTs Muhammadiyah 1 Malang dan mendeskripsikan pembentukan prilaku disiplin siswa melalui pembelajaran aqidah akhlak di MTs Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subyek siswa kelas VII, guru bidang studi aqidah akhlak dan Kepala Sekolah MTs Muhammadiyah 1 Malang. Pemilihan MTs Muhammadiyah 1 Malang sebagai setting penelitian didasarkan pada background lembaga ini sebagai salah satu Madrasah Tsanawiyah yang berada di kawasan Kecamatan Lowokwaru. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan tehnik kualitatif. Pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai- nilai disiplin dalam bidang studi aqidah akhlak meliputi disiplin dalam ibadah, disiplin dalam belajar dan disiplin dalam segala aspek. Adapun pembentukan prilaku disiplin siswa melalui pembelajaran aqidah akhlak dilaksanakan melalui metode pembiasaan, motivasi, pemberian reward/ hadiah atau punishment/ hukuman, dan latihan.