UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM MENGAJAR ANAK HIPERAKTIF DAN ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDERS ( ADHD ) DI TPA – KB SAIDATUTTOFAL MALANG

Main Author: NURHAYATI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
etc
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26476/1/jiptummpp-gdl-nurhayatin-38140-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26476/2/jiptummpp-gdl-nurhayatin-38140-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26476/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru agama Islam dalam mengajar anak hiperaktif dan ADHD. Selain itu, juga mengidentifikasi faktor – faktor yang menjadi kendala dan pendukung bagi guru agama Islam dalam mengajar anak hiperaktif dan ADHD. Penelitia ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah anak hiperaktif dan ADHD. Pemilihan TPA – KB Saidatuttofal Malang sebagai setting penelitian didasarkan bahwa di TPA – KB Saidatuttofal Malang merupakan sekolah inklusi yang tidak hanya menerima anak normal tetapi anak yang memiliki kemampuan yang tidak sama dengan anak – anak normal seperti anak hiperaktif dan ADHD. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru agama Islam dalam mengajar anak hiperaktif dan ADHD melalui berbagai strategi diantaranya : 1. Mengorganisasi kelas secara baik; 2. Penyampaian materi atau intruksi yang baik; 3. Pemberian perhatian Individual; 4. Pengaturan tempat duduk; 5. Memantau hubungan dengan teman sekelas. Selain itu, ada juga faktor kendala dan pendukung guru agama Islam dalam mengajar anak hiperaktif dan ADHD, faktor pendukung diantaranya: 1. Sekolah; 2. Orang tua Anak Didik. Sedangkan faktor kendalanya adalah: 1. Intern; 2. Ekstern.