UPAYA GURU NGAJI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURÂ’AN MURID KELAS 2 MADRASAH IBTIDAÂ’IYAH NAHDLATUL ULAMAÂ’ SUMBERPASIR PAKIS KABUPATEN MALANG
Main Author: | SULISTYOWATI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26471/1/jiptummpp-gdl-sulistyowa-38144-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26471/2/jiptummpp-gdl-sulistyowa-38144-1-1.penda-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26471/ |
Daftar Isi:
- Al-QurÂ’an merupakan intisari dan sumber pokok dari ajaran Islam yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW, sehingga tugas untuk mengajarkan Al-QurÂ’an kepada umatnya. Demikian, pentingnya untuk mempelajari Al-QurÂ’an sehingga dalam rangka mempersiapkan anak-anak agar mampu menerima warisan Islam dan tanggung jawab untuk mengemban tugas pengembangan dan dakwahnya, maka anak-anak diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW agar belajar membaca dan menulis Al-QurÂ’an yang telah berkembang pada masa Nabi Muhammad SAW. Baca tulis Al-QurÂ’an amat penting diajarkan kepada para murid, karena memang sudah seharusnya sebagai seorang muslim bisa menulis dan membaca Al-QurÂ’an. Oleh karena itu sekolah-sekolah perlu memasukkan pelajaran baca tulis Al-QurÂ’an dalam kurikulum, yaitu pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran kelas 2 Madrasah IbtidaÂ’iyah Nahdlatul UlamaÂ’ Sumberpasir pakis kabupaten Malang ,selain itu juga mengungkapkan Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-QurÂ’an Problem yang dihadapi , serta Upaya yang di tempuh Guru kelas 2 Madrasah IbtidaÂ’iyah Nahdlatul UlamaÂ’ Sumberpasir Pakis kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif dengan subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru ngaji, orang tua dan murid kelas 2. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipasif, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-QurÂ’an kelas 2 Madrasah IbtidaÂ’iyah Nahdlatul UlamaÂ’ Sumberpasir Pakis kabupaten Malang, menggunakan Metode tilawati untuk membaca surat pendek dan mengenal huruf hijaiyah dengan metode tehnik gambar. Problem yang di hadapi adalah kurangnya sarana dan prasarana dalam hal ini adalah media yang di gunakan dalam pembelajaran baca tulis Al-QurÂ’an masih manual atau tradisional dan apa adanya. Upaya yang dilakukan guru untuk mengkondisikan nya agar murid tidak jenuh atau bosan maka guru mengajak bermain game, guru juga ber usaha meningkatkan kualitas SDM nya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan atau diklat Baca Tulis QurÂ’an, serta memberikan hadiah bagi yang berprestasi atau mendapat nilai bagus dalam materi Baca Tulis Al-QurÂ’an.