PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE QIRO’ATI PADA SANTRI TPQ AL-MUSTARSYIDIN WADUNG KABUPATEN MALANG

Main Author: ISKAMILA,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26465/1/jiptummpp-gdl-iskamilani-36911-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26465/2/jiptummpp-gdl-iskamilani-36911-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26465/
Daftar Isi:
  • Membaca Al-Qur’an merupakan upaya manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Al-Qur’an diturunkan oleh Allah sebagai petunjuk bagi manusia. Jika seseorang tidak berpegang teguh pada Al-Qur’an, maka hidupnya akan tersesat. Salah satu metode membaca Al-QurÂ’an yang diyakini bisa meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan cepat yaitu metode QiroÂ’ati. Metode ini mengajarkan pengenalan huruf, pengucapan huruf dan harakat serta tajwid secara bersamaan dan langsung dipraktekkan dengan tartil sesuai koidah ilmu tajwid. Saat ini lembaga-lembaga pendidikan Al-Qur’an jarang yang memakai metode Qiro’ati. Hal ini dikarenakan proses pembelajarannya yang diawasi dengan ketat dan syarat menjadi guru Qiro’ati harus melalui proses pembinaan sampai mendapatkan syahadah, sehingga dengan proses pembinaan yang lama, minat untuk menjadi guru pengajar Qiro’ati sangat sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang pemilihan metode QiroÂ’ati dalam pembelajaran membaca Al-QurÂ’an di TPQ Al-Mustarsyidin Wadung Kabupaten Malang, mendeskripsikan upaya-upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode QiroÂ’ati dan hasil penerapan metode Qiro’ati pada santri TPQ Al Mustarsyidin Wadung Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah kepala TPQ, asatidz dan santri TPQ Al Mustarsyidin. Pemilihan TPQ Al Mustarsyidin sebagai setting penelitian karena merupakan salah satu TPQ yang menggunakan metode qiroÂ’ati disaat lembaga lain banyak yang ganti metode dalam pembelajaran Al-Qur’an. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik kualitatif dengan model analisis interakif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Qiro’ati di TPQ Al Mustarsyidin Wadung Kabupaten Malang sesuai dengan target pembelajaran Qiro’ati, dimana santri mampu membaca Qiro’ati dengan lancar, cepat, tepat dan benar, serta menguasai koidah ilmu tajwid dan ghorib.