STUDI TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS ICT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN TORONGREJO 01 BATU
Main Author: | MUBAIDILLAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26464/1/jiptummpp-gdl-mubaidilla-38148-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26464/2/jiptummpp-gdl-mubaidilla-38148-1-pendahul-f.pdf http://eprints.umm.ac.id/26464/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan tahapan dan proses pemanfaatan media berbasis ICT dalam pebelajaran PAI, serta mendiskripsikan tingkat kefektifitasan penggunakan media berbasis ICT dalam Pebelajaran PAI, sekaligus mendiskripsikan faktor – faktor pendukung dan kendala yang dihadapi guru PAI di SDN Torongrejo 01 Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, adapun yang dijadikan subyek penelitian adalah guru kelas dan guru PAI, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian analisa datanya menggunakan analisa data kualitatif. Hasil pembelajaran yang dilakukan di kelas v SDN Torongrejo 01 Batu dengan menggunakan media ICT menunjukkan peningkatan aktivitas belajar yang cukup signifikan. Secara detail perubahan tersebut meliputi; (1) menyimak penjelasan guru dengan peningkatan tingkat ketercapaian sebesar 6,89 %, (2) aktif menjawab pertanyaan guru dengan peningkatan sebesar 6,89 % , (3) keaktifan bertanya kepada guru naik 6,89 % , (4) aktif mengikuti setiap kegiatan belajar mengajar naik 17,24 %, (5 ) mampu mengerjakan tugas dengan mandiri 10,34 % , (6) fokus terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung 34,48 %, (7) mengikuti segala aktivitas yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran 27,58 % , dan (8) prosentase sikap siswa saat proses pembelajaran naik 3,44 %. Pemanafaatan media pembelajaran berbasis ICT yang dilakukan di SDN Torongrejo 01 Batu membawa dampak yang positif dan signifikan terhadap proses pembelajaran peserta didik di kelas v.