PENGGUNAAN MEDIA BERMAIN FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS I SD ISLAM SANANREJO TUREN KABUPATEN MALANG

Main Author: MASÂ’UDAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
etc
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26460/1/jiptummpp-gdl-masudah201-38151-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26460/2/jiptummpp-gdl-masudah201-38151-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26460/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini untuk mendeskripsikan dasar pemikiran penggunaan media bermain flashcard dalam pembelajaran PAI di kelas 1 SD Islam Sananrejo Turen Kabupaten Malang dan penggunaan media bermain flashcard dalam pembelajaran PAI di kelas 1 serta menyebutkan faktor penunjang serta penghambat pembelajaran PAI di kelasn 1 SD Islam Sananrejo Turen Kabupaten Malang dalam menggunakan media bermain flashcard. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan obyek guru PAI dan murid kelas 1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkann bahwa: (1) penggunaan media bermain flashcard dalam pembelajaran PAI di kelas 1 SD Islam Sananrejo Turen Kabupaten Malang adalah untuk memudahkan murid dalam memahami pelajaran PAI dengan baik, cepat dan menarik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. (2) Penggunaan media bermain flashcard dalam pembelajaran PAI di kelas I SD Islam Sananrejo Turen Kabupaten Malang dengan cara guru menunjukkan dan menyebutkan flashcard yang berhubungan dengan materi pembelajaran, kemudian guru membagi flashcard yang sudah diacak kepada murid yang sudah dibagi beberapa kelompok, lalu murid menyusun flashcard sesuai urutannya dan menjelaskan kembali didepan kelas. (3) faktor intern dan ekstern yang baik dapat menjadi penunjang keberhasilan murid dalam belajar. Sedangkan adanya faktor intern dan ekstern yang tidak baik menjadi penghambat keberhasilan murid dalam belajar.