MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA KE PONDOK PESANTREN DAAR EL-QOLAM TANGERANG, BANTEN

Main Author: Firmansyah, Anhar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26457/1/jiptummpp-gdl-anharfirma-37645-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26457/2/jiptummpp-gdl-anharfirma-37645-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26457/
Daftar Isi:
  • Memberikan dan memilihkan pendidikan yang baik bagi anak adalah salah satu kewajiban orangtua, begitu juga bagi orangtua yang menginginkan anaknya belajar di pondok pesantren sebagai salah satu pilihan pendidikan yang diberikan untuk anak disamping belajar pendidikan pada jenjang formal juga diharapkan mampu memperoleh pendidikan agama yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian adalah orangtua santri kelas 1 MTs Daar El-Qolam dan ustadz. Pemilihan Pondok Pesantren Daar El-Qolam Tangerang, Banten sebagai lokasi penelitian didasarkan pada semakin meningkatnya jumlah pendaftar dari tahun ke tahun. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipasi pasif, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa banyak orangtua yang menyekolahkan anaknya ke pondok pesantren karena faktor penerapan penggunaan bahasa Arab dan Inggris, latihan pidato dan alumni sistem pendidikan dan pengasuhan yang ada di pondok pesantren.