IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AGAMA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS SENTRA ALAM PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA 11 MALANG

Main Author: RAHMAWATI, DIAN FAJAR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
etc
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26455/1/jiptummpp-gdl-dianfajarr-38759-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26455/2/jiptummpp-gdl-dianfajarr-38759-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26455/
ctrlnum 26455
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/26455/</relation><title>IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AGAMA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS SENTRA ALAM PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA 11 MALANG</title><creator>RAHMAWATI, DIAN FAJAR</creator><subject>BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc</subject><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengimplementasian nilai-nilai agama melalui pembelajaran berbasis sentra alam pada anak usia dini, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai agama melalui pendidikan berbasis sentra alam di TK ABA 11 Malang.&#xD; &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di TK ABA 11 Malang, Jalan Bauksit Nomor 45B, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Subyek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru Sentra Alam, dan murid. Pemilihan sekolah didasarkan kepada prestasi sekolah yang baik berdasarkan animo masyarakat yang positif kepada sekolah. Selain itu, penggunaan metode sentra di tingkat TK masih jarang digunakan di sekolah-sekolah pada umumnya, sedangkan sekolah ini berani membuat inovasi dengan menggunakan metode sentra sehingga menarik untuk diteliti. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif deskriptif model Miles and Huberman.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian nilai-nilai agama melalui Sentra Alam sudah cukup baik karena telah memenuhi tahapan-tahapan pembelajaran di Sentra Alam, mengandung muatan nilai-nilai agama, dan pemilihan serta penggunaan media bahan ajar yang sesuai. Nilai-nilai agama yang diimplementasikan dalam Sentra Alam diantaranya adalah muatan nilai keimanan, nilai akhlakul kharimah, dan muatan peribadahan. Faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai agama di Sentra Alam diklasifikasikan menjadi dua faktor yaitu, faktor interent dan faktor eksterent. Faktor interent berasal dari pendidik sebagai kunci utama pemegang peran di Sentra Alam. Faktor eksterentnya adalah media yang digunakan sebagai sarana dan prasarana sumber belajar dan bermain siswa.</description><date>2015-03-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/26455/1/jiptummpp-gdl-dianfajarr-38759-2-babi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/26455/2/jiptummpp-gdl-dianfajarr-38759-1-pendahul-n.pdf</identifier><identifier> RAHMAWATI, DIAN FAJAR (2015) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AGAMA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS SENTRA ALAM PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA 11 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>26455</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RAHMAWATI, DIAN FAJAR
title IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AGAMA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS SENTRA ALAM PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA 11 MALANG
publishDate 2015
topic BP Islam. Bahaism. Theosophy
etc
L Education (General)
url http://eprints.umm.ac.id/26455/1/jiptummpp-gdl-dianfajarr-38759-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26455/2/jiptummpp-gdl-dianfajarr-38759-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26455/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengimplementasian nilai-nilai agama melalui pembelajaran berbasis sentra alam pada anak usia dini, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai agama melalui pendidikan berbasis sentra alam di TK ABA 11 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di TK ABA 11 Malang, Jalan Bauksit Nomor 45B, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Subyek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru Sentra Alam, dan murid. Pemilihan sekolah didasarkan kepada prestasi sekolah yang baik berdasarkan animo masyarakat yang positif kepada sekolah. Selain itu, penggunaan metode sentra di tingkat TK masih jarang digunakan di sekolah-sekolah pada umumnya, sedangkan sekolah ini berani membuat inovasi dengan menggunakan metode sentra sehingga menarik untuk diteliti. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif deskriptif model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian nilai-nilai agama melalui Sentra Alam sudah cukup baik karena telah memenuhi tahapan-tahapan pembelajaran di Sentra Alam, mengandung muatan nilai-nilai agama, dan pemilihan serta penggunaan media bahan ajar yang sesuai. Nilai-nilai agama yang diimplementasikan dalam Sentra Alam diantaranya adalah muatan nilai keimanan, nilai akhlakul kharimah, dan muatan peribadahan. Faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai agama di Sentra Alam diklasifikasikan menjadi dua faktor yaitu, faktor interent dan faktor eksterent. Faktor interent berasal dari pendidik sebagai kunci utama pemegang peran di Sentra Alam. Faktor eksterentnya adalah media yang digunakan sebagai sarana dan prasarana sumber belajar dan bermain siswa.
id IOS4109.26455
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:46:57Z
last_indexed 2017-03-21T02:46:57Z
recordtype dc
_version_ 1675924317113679872
score 17.538404