STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN MACROMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN SHALAT PADA SISWA SDN PARANGARGO 01 KECAMATAN WAGIR KABUPATEN MALANG

Main Author: JUMAÂ’IN,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
etc
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26454/1/jiptummpp-gdl-jumainnim2-38760-2-2.babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26454/2/jiptummpp-gdl-jumainnim2-38760-1-1.penda-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26454/
Daftar Isi:
  • Tujuan pendidikan adalah mengubah peserta didik antara lain yaitu caranya berfikir, merasa, berbuat, dan dapat mengubah perilakunya. Pada bidang pendidikan, pemerintah dan masyarakat umum telah memberikan perhatian yang mendalam tentang kemajuan teknologi modern. Teknologi dapat membantu mencapai sasaran dan tujuan pendidikan sehingga proses belajar mengajar akan lebih berkesan dan bermakna. Pada penelitian ini, peneliti bertujuan; 1) Menganalisis penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Shalat pada Siswa Kelas III SDN Parangargo 01 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang, 2) Menganalisis penggunaan Macromedia Flash dalam Pembelajaran Shalat pada Siswa Kelas III SDN Parangargo 01 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang, 3) Menganalisis perbandingan penggunaan Media Gambar dan Macromedia Flash dalam Pembelajaran Shalat pada Siswa Kelas III SDN Parangargo 01 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, karena penelitian untuk mengetahui tentang tingkat hubungan (persamaan, perbedaan, perbandingan) antara dua konsep atau lebih, dan merupakan suatu penelitian yang analisisnya secara umum memakai analisis statistik. Penelitian dilaksanakan di SDN Parangargo 01 dengan materi semester II tentang pembelajaran shalat. Populasi dalam penelitian ini adalah dua kelas yang berjumlah 52 siswa, dengan sampel yang diperoleh dari teknik sampling dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok eksperimen 1 diberi perlakuan menggunakan media gambar dalam pembelajaran shalat dan kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan Macromedia Flash dalam pembelajaran shalat. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan akhir (posttest) siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan distribusi uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan media gambar dan Macromedia Flash dalam pembelajaran shalat pada siswa kelas III SDN Parangargo 01 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Hal ini ditunjukkan dengan uji-t dua sampel yang dimulai dengan merumuskan hipotesis nol (H0) dan merumuskan hipotesis alternatifnya (H1) yaitu; H0: thitung¬ < ttabel maka, hipotesis nihil diterima dan hipotesis alternatif ditolak, kemudian apabila H1: thitung¬ > ttabel maka, hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hipotesis tersebut diuji dengan taraf signifikasi 5% (uji dua pihak). Dengan harga db = N – 1 = 20 – 1 = 19, dan taraf signifikasi 5%, diperoleh harga kritik t atau ttabel (uji dua pihak) di dapat harga 2,0930. Kemudian mengkonsultasikan harga thitung terhadap ttabel dengan mengubah harga (-) menjadi (+), (Bahwa tanda – (“minus”) di sini bukanlah tanda Aljabar karena itu t0 sebesar -2,3168 itu dapat kita baca: ada selisih derajat perbedaan sebesar 2,3168). dan didapat bahwa thitung¬ > ttabel (2,3168 > 2,0930). Karena thitung¬ > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa hasil eksperimen menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan media gambar dan penggunaan Macromedia Flash dalam Pembelajaran Shalat pada Siswa Kelas III SDN Parangargo 01 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Bertolak dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan, penggunaan Macromedia Flash lebih efektif dalam pembelajaran shalat pada siswa kelas III SDN Parangargo 01 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang.