IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS 1 DI MIN MALANG 2

Main Author: Mardiana, Dina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26453/1/jiptummpp-gdl-dinamardia-37648-1-coversk-a.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26453/2/jiptummpp-gdl-dinamardia-37648-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26453/
Daftar Isi:
  • Keistimewaan kedudukan al-Qur’an sebagai sebuah kitab suci yang menjadi sumber hukum utama dan pegangan hidup(way of life) bagi umat Islamberdampak pada keinginan dan upaya kaum Muslim untuk dapat mempelajari kandungan yang terdapat didalamnya dari berbagai aspek keilmuan.Upaya dalam mempelajari al-QurÂ’an tersebut dilakukan melalui berbagai metode pembelajaran al-QurÂ’an, salah satu diantaranya ialah metode Ummi. Metode ini belakangan booming dan berhasil memikat banyak lembaga pendidikan, baik formal maupun nonformal. Tercatat lebih dari 85 sekolah/ madrasah/ TPQ pengguna Ummi di kawasan Malang Raya. Menariknya lagi, mayoritas pengguna Ummi tersebut ialah sekolah dan madrasah unggulan di kota Malang termasuk MIN Malang 2. Fenomena tersebut menggambarkan bahwa metode Ummi merupakan sebuah metode pembelajaran al-Qur’an yang layak diperhitungkan dan menarik untuk dikaji lebih mendalam lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an pada siswa kelas 1 di MIN Malang 2. Selain itu, juga mengidentifikasi standarisasi kualifikasi output metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an yang berlangsung di madrasah tersebut serta mengidentifikasi faktor penunjang dan penghambat selama implementasi pembelajaran al-Qur’an metode Ummi berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas 1 di MIN Malang 2, guru pengajar Ummi, guru kelas 1 dan Kepala MIN Malang 2. Pemilihan MIN Malang 2 sebagai setting penelitian didasarkan pada background lembaga ini sebagai salah satu madrasah berakreditasi A di kawasan Kecamatan Sukun yang menggunakan metode Ummi sebagai salah satu kegiatan intrakurikuler madrasah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview dan dokumentasi.Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik kualitatif dengan model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu standarisasi kualifikasi output yang dimiliki oleh metode Ummi dalam implementasi pembelajaran al-Qur’an pada siswa kelas 1 di MIN Malang 2 ialah dalam hal ketepatan pengucapan makharijul huruf hijaiyah secara baik dan benar.