PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs DZUNNURROIN PAKIS MALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: DULMANAN,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26452/1/jiptummpp-gdl-dulmananni-37650-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26452/2/jiptummpp-gdl-dulmananni-37650-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26452/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dimaksudkan untuk: 1. Mendiskripsikan pembentukan kepribadian siswa melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Dzunnurroin Pakis Malang. 2. Mendiskripsikan faktor penunjang, penghambat serta jalan keluarnya dalam membentuk kepribadian siswa melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Dzunnurroin Pakis Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, guru mata pelajaran Akidah Akhlak MTs Dzunnurroin Pakis Malang, siswa dan orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisnya, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa: 1. Proses pembentukan kepribadian siswa melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Dzunnurroin Pakis Malang dengan pembiasaan dan keteladanan. Pembiasaan dilakukan dengan dua hal yaitu kepercayaan akidah Islam seperti pembiasaan membaca dan menghafal surat pendek sebelum berlangsungnya pembelajaran, berdoÂ’a sebelum dan sesudah pembelajaran, shalat dhuha, jamaÂ’ah dhuhur dan qobliyah-ba’diyah dan lain-lain, ahklak terpuji seperti mengucapkan salam, senyum dan sapa, memanggil nama siswa dengan hormat, berbicara dengan sopan dan lain-lain. Sedangkan pendekatan keteladanan seperti disiplin, taat terhadap tata tertib yang berlaku, senantiasa berbusana yang rapi dan lain-lain. 2. Faktor penunjang, penghambat dan jalan keluarnya dalam pembentukan kepribadian siswa melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Dzunnurroin Pakis Malang terdapat dua faktor yaitu:Faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern meliputi: guru dan siswa, sedangkan faktor ekstern meliputi: Lingkungan madrasah dan lingkungan luar madrasah.