PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK DAN NON ELEKTRONIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG
Main Author: | HANDOKO, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26446/1/jiptummpp-gdl-handokonim-37654-1-pengguna-a.pdf http://eprints.umm.ac.id/26446/2/jiptummpp-gdl-handokonim-37654-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26446/ |
Daftar Isi:
- Peneliti bertujuan guna mendiskripsikan penggunaan media elektronik dan non elektronik dalam menigkatkan kualitas pembelajaran PAI di MTs Muhammadiyah Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah guru PAI. Pemilihan Penelitian dilakukan di tempat ini karena sekolah ini melaksanakan administrasi yang berbasis web, dengan keunggulan ini, maka sekolah ini dalam hal sarana dan prasarana pembelajaran perlu diperhatikan dan diupayakan jumlahnya guna menunjang kualitas pembelajaran. Atas dasar ini penulis akan menelusuri bagaimana pemanfaatan media pembelajaran PAI oleh guru-guruya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data kualitatif Sedangkan validasi data diuji dengan teknik triangulasi yang kemudian dianalisis melalui induksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunakan media pembelajaran melalui tiga katagori: 1. Perencanaan, dalam hal ini, guru PAI menggunakan dua cara yaitu dengan melihat materi pembelajaran dan menayakan siswa terlebih dahulu tentang media yang digunakan sebelum membuat media pembelajaran. 2. Penggunaan, dalam hal ini, guru pengajar menguasai dan bisa menggunakan media yang berbasis elektronik dan non elektronik. Dan 3. Pemanfaatan, dalam hal ini, setiap guru pengajar merasakan kemudahan dalam menyampaikan pembelajaran dengan suasana pembelajaran yang cukup kondusif dan memudahkan peserta didik dalam menerima pelajaran yang disampaikan.