PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KEDISIPLIN ANAK USIA DINI DI TK ABA MUTIARA IMAN PUJON KABUPATEN MALANG
Main Author: | KURNIAWATI, IKA RATNA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26444/1/jiptummpp-gdl-ikaratnaku-37659-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26444/2/jiptummpp-gdl-ikaratnaku-37659-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26444/ |
Daftar Isi:
- Peran orang tua dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini di TK ABA Mutiara Iman Pujon Kabupaten Malang, hal ini di angkat oleh peneliti karena keprihatinan peneliti terhadap prilaku orang tua yang kurang disiplin terhadap anak, yaitu dalam hal mengantar anaknya ke sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam menanamkan kedisiplinan pada anak usia dini di TK ABA Mutiara Iman Pujon Malang. Selain itu juga untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam menanamkan disiplin terhadap anak usia dini di TK ABA Mutiara Iman Pujon Kabupaten Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan lokasi di TK ABA Mutiara Iman Pujon Kabupaten Malang, dan yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru kelompok A, dan orang tua siswa kelompok A, sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisanya yaitu deskriptif kualitaif. Hasil penelitian ini disimpulkan, bahwa, petama peran orang tua dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini yaitu, orang tua sebagai pendidik, guru, motivator, dan fasilitator, dan menggunakan cara dengan pemberian contoh langsung terhadap anak, dengan pembiasaan yang baik terhadap anak, pemberian hadiah dan hukuman juga perlu diterapkan dalam penanaman disiplin terhadap anak, kedua tentang pola asuh orang tua dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini dengan menggunakan pola asuh, otoritarian, permisif dan demokratis.