L UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI ( Studi Kasus di TK ABA Mutiara Iman Pujon Malang)
Main Author: | Solikah, Kusnul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26443/1/jiptummpp-gdl-kusnulsoli-37660-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26443/2/jiptummpp-gdl-kusnulsoli-37660-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26443/ |
ctrlnum |
26443 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/26443/</relation><title>L UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI ( Studi Kasus di TK ABA Mutiara Iman Pujon Malang)</title><creator>Solikah, Kusnul</creator><subject>BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc</subject><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan kemandirian pada anak usia dini di TK ABA Mutiara Iman Pujon. Selain itu juga

untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat maupun pendukung bagi guru dalam menanamkan kemandirian Pada anak usia dini di TK ABA Mutiara Iman Pujon.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelompok B, dan siswa kelompok B. Pemilihan TK ABA Mutiara Iman Pujon sebagai setting penelitian dikarenakan pendidikan agama dan penanaman nilai-nilai moral yang diberikan lebih banyak porsinya dibanding TK yang lainnya, terutama dalam penanaman kedisiplinan, kesopanan, dan kemandirian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis kualitatif.

Dari penelitian ini diketahui bahwa pembiasaan untuk melakukan kegiatan makan bersama dan beres-beres mainan yang dicontohkan oleh guru dengan memberikan reward dan hukuman bagi siswa sangat efektif. Hasil yang diperoleh menunjukkan perkembangan yang baik yaitu beberapa siswa yang sebelumnya sangat bergantung pada gurunya dalam melakukan berbagai hal sekarang bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman kemandirian ini adalah: pihak sekolah sendiri, kurikulum, tenaga pengajar, sarana prasarana, dan orang tua.</description><date>2014-11-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/26443/1/jiptummpp-gdl-kusnulsoli-37660-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/26443/2/jiptummpp-gdl-kusnulsoli-37660-2-babi.pdf</identifier><identifier> Solikah, Kusnul (2014) L UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI ( Studi Kasus di TK ABA Mutiara Iman Pujon Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>26443</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Solikah, Kusnul |
title |
L UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI ( Studi Kasus di TK ABA Mutiara Iman Pujon Malang) |
publishDate |
2014 |
topic |
BP Islam. Bahaism. Theosophy etc L Education (General) |
url |
http://eprints.umm.ac.id/26443/1/jiptummpp-gdl-kusnulsoli-37660-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26443/2/jiptummpp-gdl-kusnulsoli-37660-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26443/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan kemandirian pada anak usia dini di TK ABA Mutiara Iman Pujon. Selain itu juga
untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat maupun pendukung bagi guru dalam menanamkan kemandirian Pada anak usia dini di TK ABA Mutiara Iman Pujon.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelompok B, dan siswa kelompok B. Pemilihan TK ABA Mutiara Iman Pujon sebagai setting penelitian dikarenakan pendidikan agama dan penanaman nilai-nilai moral yang diberikan lebih banyak porsinya dibanding TK yang lainnya, terutama dalam penanaman kedisiplinan, kesopanan, dan kemandirian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis kualitatif.
Dari penelitian ini diketahui bahwa pembiasaan untuk melakukan kegiatan makan bersama dan beres-beres mainan yang dicontohkan oleh guru dengan memberikan reward dan hukuman bagi siswa sangat efektif. Hasil yang diperoleh menunjukkan perkembangan yang baik yaitu beberapa siswa yang sebelumnya sangat bergantung pada gurunya dalam melakukan berbagai hal sekarang bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman kemandirian ini adalah: pihak sekolah sendiri, kurikulum, tenaga pengajar, sarana prasarana, dan orang tua. |
id |
IOS4109.26443 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Malang |
institution_id |
136 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang |
library_id |
546 |
collection |
UMM Institutional Repository |
repository_id |
4109 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS4109 |
first_indexed |
2017-03-21T02:46:57Z |
last_indexed |
2017-03-21T02:46:57Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1675924317071736832 |
score |
17.538404 |