L UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI ( Studi Kasus di TK ABA Mutiara Iman Pujon Malang)

Main Author: Solikah, Kusnul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
etc
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26443/1/jiptummpp-gdl-kusnulsoli-37660-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26443/2/jiptummpp-gdl-kusnulsoli-37660-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26443/
ctrlnum 26443
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/26443/</relation><title>L UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI ( Studi Kasus di TK ABA Mutiara Iman Pujon Malang)</title><creator>Solikah, Kusnul</creator><subject>BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc</subject><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan kemandirian pada anak usia dini di TK ABA Mutiara Iman Pujon. Selain itu juga&#xD; &#xD; untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat maupun pendukung bagi guru dalam menanamkan kemandirian Pada anak usia dini di TK ABA Mutiara Iman Pujon.&#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelompok B, dan siswa kelompok B. Pemilihan TK ABA Mutiara Iman Pujon sebagai setting penelitian dikarenakan pendidikan agama dan penanaman nilai-nilai moral yang diberikan lebih banyak porsinya dibanding TK yang lainnya, terutama dalam penanaman kedisiplinan, kesopanan, dan kemandirian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis kualitatif.&#xD; &#xD; Dari penelitian ini diketahui bahwa pembiasaan untuk melakukan kegiatan makan bersama dan beres-beres mainan yang dicontohkan oleh guru dengan memberikan reward dan hukuman bagi siswa sangat efektif. Hasil yang diperoleh menunjukkan perkembangan yang baik yaitu beberapa siswa yang sebelumnya sangat bergantung pada gurunya dalam melakukan berbagai hal sekarang bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman kemandirian ini adalah: pihak sekolah sendiri, kurikulum, tenaga pengajar, sarana prasarana, dan orang tua.</description><date>2014-11-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/26443/1/jiptummpp-gdl-kusnulsoli-37660-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/26443/2/jiptummpp-gdl-kusnulsoli-37660-2-babi.pdf</identifier><identifier> Solikah, Kusnul (2014) L UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI ( Studi Kasus di TK ABA Mutiara Iman Pujon Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>26443</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Solikah, Kusnul
title L UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI ( Studi Kasus di TK ABA Mutiara Iman Pujon Malang)
publishDate 2014
topic BP Islam. Bahaism. Theosophy
etc
L Education (General)
url http://eprints.umm.ac.id/26443/1/jiptummpp-gdl-kusnulsoli-37660-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26443/2/jiptummpp-gdl-kusnulsoli-37660-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26443/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan kemandirian pada anak usia dini di TK ABA Mutiara Iman Pujon. Selain itu juga untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat maupun pendukung bagi guru dalam menanamkan kemandirian Pada anak usia dini di TK ABA Mutiara Iman Pujon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelompok B, dan siswa kelompok B. Pemilihan TK ABA Mutiara Iman Pujon sebagai setting penelitian dikarenakan pendidikan agama dan penanaman nilai-nilai moral yang diberikan lebih banyak porsinya dibanding TK yang lainnya, terutama dalam penanaman kedisiplinan, kesopanan, dan kemandirian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis kualitatif. Dari penelitian ini diketahui bahwa pembiasaan untuk melakukan kegiatan makan bersama dan beres-beres mainan yang dicontohkan oleh guru dengan memberikan reward dan hukuman bagi siswa sangat efektif. Hasil yang diperoleh menunjukkan perkembangan yang baik yaitu beberapa siswa yang sebelumnya sangat bergantung pada gurunya dalam melakukan berbagai hal sekarang bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman kemandirian ini adalah: pihak sekolah sendiri, kurikulum, tenaga pengajar, sarana prasarana, dan orang tua.
id IOS4109.26443
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:46:57Z
last_indexed 2017-03-21T02:46:57Z
recordtype dc
_version_ 1675924317071736832
score 17.538404