PENERAPAN METODE YANBUÂ’A DALAM PEMBELAJARAN AL-QURÂ’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURÂ’AN NURUL HIDAYAH SUKUN MALANG

Main Author: Nuryasin,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
etc
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26438/1/jiptummpp-gdl-nuryasinni-37674-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26438/2/jiptummpp-gdl-nuryasinni-37674-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26438/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode YanbuÂ’a dalam pembelajaran Al-QurÂ’an di TPQ Nurul Hidayah Sukun- Malang, disamping itu juga mendeskripsikanfaktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran Al-QurÂ’an dengan metode YanbuÂ’adi TPQ Nurul Hidayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah kepala TPQ, ustadz-ustadazah, santri, wali murid, data atau dokumen lembaga dan proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, interview, dan dokumentasi. sedang analisis datanya menggunakan model analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pembelajaran al-QurÂ’an dengan metode YanbuÂ’a cukup memuaskan, terbukti dengan evaluasi yang diadakan menunjukkan hasil yang standar; 2. Adanya evaluasi harian dan pembelajaran pegon merupakan nilai plus tersendiri jika dibanding dengan lembaga yang semisalnya yang ada di sekitarnya; 3.faktor lingkungan dan keadaan masyarakat berpengaruh besar terhadap perkembangan dan proses belajar mengajar.