PENERAPAN METODE QIROÂ’ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURÂ’AN DI TAMAN KANAK-KANAK MUSLIMAT SEMBUJO KEPANJEN KABUPATEN MALANG

Main Author: NADHIROH, TITIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
etc
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26420/1/jiptummpp-gdl-titinnadhi-38779-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26420/2/jiptummpp-gdl-titinnadhi-38779-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26420/
Daftar Isi:
  • Metode Qirolati digunakan diberbagai lembaga dalain pembelajaran membaca al-Qur'an. Metode tersebut juga digunakan di Taman Kanak-kanak Muslimat Sembujo, karena itulah penelitian ini dilakukan dengan judul Penerapan metode Qiro'ati dalam pembelajaran membaca al-Qur'an di Taman Kanak-Kanak Muslimat Sembujo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui alasan yang mendasari Taman Kanak-kanak Muslimat Sembujo untuk memilih metode Qiro'ati dalam pembelajaran membaca al-Qur'an pada peserta didik, mengetahui penerapan pembelajaran membaca al-Qur'an dengan metode Qiro'ati, mengetahui hasil penerapan pembelajaran membaca al-Qur'an dengan metode Qiro'ati, serta untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat Muslimat Sembujo. Penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif. Penelitian data diperoleh melalui teknik observasi, dokumen dan wawancara. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala TK Muslimat Sembujo, pendidik dan peserta didik Taman Kanak-kanak Muslimat Sembujo. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif Hasil analisis dalam menunjukkan bahwa alasan yang mendasari dipilihnya metode Qiro'ati dalam pembelajaran membaca al-Qur'an di Taman Kanak-kanak Muslimat sembujo karena huruf atau kalimatnya bersyakal (tanda baca) pemberian materi secara bertahap dan berkesinambungan, berdasarkan pada kesiapan dan kemampuan peserta didik sendiri. Pembelajaran membaca al-Qur'an dengan metode Qiro'ati meliputi: tahap Pra-instruksional, tahap intruksional dan tahap post-intruksional. Adapun penerapan pembelajaran membaca al-Qur'an dengan metode Qiro'ati menunjukkan bahwa rata-rata santri dapat menghatamkan jilid satu membutuhkan waktu enam bulan sampai satu tahun. Sedangkan faktorfaktor yang menjadi pendukung dan penghambat meliputi pelaksanaan, penguasaan materi oleh santri dan kompetensi para pendidiknya