PEMBELAJARAN BACA AL QURÂ’AN MELALUI PERMAINAN MENYUSUN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 19 MALANG
Main Author: | FITRIANI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26414/1/jiptummpp-gdl-fitriani20-38905-1-coversk-i.pdf http://eprints.umm.ac.id/26414/2/jiptummpp-gdl-fitriani20-38905-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/26414/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasarkan pada pentingnya pembelajaran Al-QurÂ’an pada anak usia dini. Anak usia dini adalah anak yang sedang mengalami masa golden age atau masa keemasan yang artinya anak akan mudah dalam menangkap atau menerima sesuatu yang baru. Oleh karena itu pembelajaran Al-QurÂ’an, secara sederhana yaitu mengenal huruf Hijaiyah sangat penting sebagai dasar mengenal Al-QurÂ’an. Tujuan dalam melaksanakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran baca Al-QurÂ’an melalui permainan menyusun huruf Hijaiyah pada anak usia dini serta hasil dari pembelajaran baca Al-QurÂ’an melalui permainan menyusun huruf Hijaiyah pada anak usia dini. Pendekatan yang di gunakan yaitu pendekatan kualitatif, dengan informan penelitian adalah guru kelompok A, Kepala Sekolah, dan anak kelompok A TK ABA 19 Malang yang berusia 4-5 tahun. Peneliti memilih kelompok A sebagai informan penelitian karena mereka sudah mulai memahami perintah, instruksi, dan mulai mengenal Al-QurÂ’an, sehingga sangat tepat untuk mengenalkan huruf Hijaiyah sebagai pondasi pembelajaran Al-QurÂ’an. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Al-QurÂ’an dengan permainan menyusun huruf hijaiyah pada usia dini meliputi: metode pelaksanaan pembelajaran Al-QurÂ’an yaitu anak-anak berlomba dalam menyusun huruf Hijaiyah, lomba dilakukan perkolompok sebanyak 3 anak, hal ini dilakukan sebagai evaluasi pembelajaran Al-QurÂ’an melalui permainan menyusun huruf Hijaiyah sesuai dengan indikator yang meliputi: anak dapat mematuhi peraturan yang ada, senang bermain dengan teman, mengajak teman untuk bermain dan belajar, menggabungkan 3-4 huruf hijaiyah. Sedangkan hasil dari pembelajaran dengan permaian ini yaitu anak menjadi tidak bosan, adanya variasi pembelajaran, kemampuan dalam membaca Al-QurÂ’an meningkat.