PENGARUH PERSEPSI ODD PRICE TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PADA IBU RUMAH TANGGA
Main Author: | Nizar, Achmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26347/ |
Daftar Isi:
- Jenis harga odd price merupakan jenis harga yang sudah sering dijumpai khusus nya di toko-toko retail. Harga odd price merupakan harga yang berada dibawah kisaran harga normal seperti Rp. 5.898,- atau harga yang memiliki akhiran ganjil seperti Rp. 7.999. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana persepsi subjek terhadap odd price dan apakah odd price memiliki pengaruh terhadap proses keputusan membeli subjek dalam hal ini ibu rumah tangga yang berjumlah 100 orang. Pengukuran persepsi odd price menggunakan jenis skala Semantic Differential berjumlah 15 item, dan pengukuran keputusan membeli menggunakan jenis skala Likert dengan 31 item. Analisis pengaruh persepsi odd price terhadap keputusan membeli menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan jika pengaruh persepsi odd price terhadap keputusan membeli memiliki hubungan yang negatif yaitu jika persepsi odd price negatif maka semakin tinggi skor dari keputusan membeli dan begitu juga sebaliknya. Persepsi odd price memiliki pengaruh sebesar 27.1 % terhadap keputusan membeli (r = 0.521; p = 0.000; p < 0.01).