PERBEDAAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK-ANAK DITINJAU DARI KEPEMILIKAN HEWAN PELIHARAAN

Main Author: Isnaini, Richa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26230/
Daftar Isi:
  • Perilaku prososial adalah perilaku yang memiliki maksud untuk membuat orang lain menjadi senang, dan sejahtera. Anak yang memiliki hewan peliharaan akan berusaha dapat merawat hewan peliharaannya tersebut dengan baik. Dengan berperilaku seperti itu anak menunjukkan rasa sayangnya kepada hewan. Dari hubungannya dengan hewan nantinya akan mengalihkan perilakunya tersebut terhadap manusia. Secara tidak langsung anak-anak akan melakukan hal yang serupa kepada orang-orang terdekatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prososial pada anak-anak ditinjau dari kepemilikan hewan peliharaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengambilan data non random sampling dan instrument yang digunakan adalah skala prososial anak. Jumlah subyek yang digunakan adalah 103 siswa-siswi dengan kisaran umur 9-11 tahun. Metode analisa data yang digunakan adalah independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan perilaku prososial antara anak yang memiliki hewan peliharaan dengan anak yang tidak memiliki hewan peliharaan. Dengan nilai p=0,000, anak yang memiliki hewan peliharaan (M=22,40; SD=2,251 dan anak yang tidak memiliki hewan peliharaan (M=18,67; SD=4,533).