PERBEDAAN BURNOUT PADA GURU DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN

Main Author: Muniroh, Wardatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26136/
Daftar Isi:
  • Guru sebagai pengajar yang selalu bertatapan langsung dengan siswa dan orang tua wali, rentan akan munculnya sindrom burnout. Guru tidak hanya bertugas untuk mengajar, namun banyak tugas-tugas lain yang masih harus dikerjakan oleh guru terkait administrasi pembelajaran dan administrasi kelas. Burnout adalah sindrom kelelahan yang dipengaruhi oleh dua faktor yaitu situasi (eksternal) dan faktor individual (internal). Salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi burnout ialah karakteristik kepribadian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan burnout pada guru yang ditinjau dari karakteristik kepribadian. Penelitian ini menggunakan metode non-tes yaitu skala tipe kepribadian dengan model skala Guttman dan Maslach burnout inventory (MBI) dengan model skala Likert. Jumlah subyek sebanyak 234 orang dengan rentang usia 30-40 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan burnout antara kepribadian tipe A dan tipe B dibuktikan dengan hasil uji t-test signifikansi 0.994 yang lebih besar dari 0.05.