HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA
Main Author: | Arief, Tamimah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26092/ |
Daftar Isi:
- Prokrastinasi akademik di kalangan siswa sekolah menengah atas merupakan salah satu permasalahan yang seringkali ditemui dan patut mendapat banyak perhatian karena berdampak pada hasil tugas dan menurunnya prestasi akademik. Di sisi lain, adanya pemahaman dan kebaikan hati dari diri siswa untuk memaknai tugas secara positif yang dikenal dengan self-compassion diduga memiliki hubungan dengan frekuensi perilaku penundaan tugas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala self-compassion dan prokrastinasi akademik Tuckman (TPS) dengan model skala likert. Pengambilan data melibatkan siswa Madrasah Aliyah 1 Annuqayah putri sebanyak 254 orang yang diambil berdasarkan kebijakan prosedur pihak sekolah. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self-compassion dan prokrastinasi akademik (r = -0,378; sig = 0,000 > 0,01). Hasil tersebut menjelaskan bahwa semakin tinggi self-compassion seseorang, maka prokrastinasi akademik yang ditunjukkan akan semakin rendah.