Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Sharing Tentang Fotografi (Analisis Isi Akun Twitter Komunitas Fotografi Focus Universitas Muhammadiyah Malang)

Main Author: Maura, Anggi Sagra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/25990/1/jiptummpp-gdl-anggisagra-37345-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25990/2/jiptummpp-gdl-anggisagra-37345-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/25990/
Daftar Isi:
  • Twitter adalah media sosial paling popular dan fenomenal pada saat ini. Peneliti meneliti penggunaan media sosial twitter pada komunitas fotografi Focus Universitas Muhammadiyah Malang untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana twitter dijadikan media sharing tentang fotografi. Teori media richness dan uses and gratification theory adalah teori yang digunakan dalam penelitian ini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan dasar penelitian analisis isi kualitatif. Analisis isi kualitatif digunakan untuk mengkaji konten isi yang ada pada objek-objek komunikasi, yaitu melakukan interpretif terhadap simbol-simbol,logo-logo dan brand yang digunakan di dalam bidang komunikasi. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara dokumentasi yang didapat berupa capture dari bentuk komunikasi yang dilakukan oleh komunitas fotografi Focus Universitas Muhammadiyah Malang melalui media sosial twitter. Ada 4 kategorisasi dalam penelitian ini, yaitu ; informasi, pembelajaran, sharing foto, dan penghubung antar komunitas. Berdasarkan ketegori tersebut, hasil penelitian ini adalah 1) Focus Universitas Muhammadiyah Malang menginformasikan bahwa diadakannya lomba dan seminar fotografi 50 tahun UMM serta pameran pasca hunting besar anggota muda usia 21 tahun, 2) Focus Universitas Muhammadiyah Malang menjelaskan apa yang dimaksud dari ilustrasi fotografi beserta kegunaannya, 3) Focus Universitas Muhammadiyah Malang mem-posting gambar/foto hasil karya dari anggota Focus UMM beserta pengaturan dalam pengambilan foto tersebut, 4) Focus Universitas Muhammadiyah Malang mengucapkan salam ulang tahun kepada komunitas fotografi Jhepret Club dengan menggunakan fitur mention dan me-retweet hasil karya dari komunitas fotografi 500px yang berjudul “Modern Surf III” dan “Incredible Dives”.